Cegah Konflik Kekerasan Antar Negara, Cak Imin Tekankan Pentingnya Pengelolaan Perbedaan

| Rabu, 29/01/2020 11:42 WIB
Cegah Konflik Kekerasan Antar Negara, Cak Imin Tekankan Pentingnya Pengelolaan Perbedaan Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar (kiri) saat menghadiri pertemuan pimpinan parpol CDI di Yogyakarta (foto: radarbangsa/ TAP)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar menekankan pentingnya pengelolaan perbedaan dan dialog damai. Upaya tersebut menjadi solusi untuk menghentikan konflik dan kekerasan antar negara yang marak terjadi belakangan ini.

"Jika umat manusia tidak menemukan landasan bersama untuk mengelola perbedaannya melalui dialog damai, (maka) letusan konflik kekerasan tidak akan terhindarkan, seperti yang telah kita saksikan terjadi di seluruh dunia saat ini," kata Cak Imin, panggilan akrabnya saat menjadi Keynote Speaker dalam acara pertemuan partai politik seluruh dunia yang tergabung dalam Centris Democracy International (CDI) di Yogyakarta, Jumat, 24 Januari 2020 lalu.

Pada kesempatan itu, Wakil Ketua DPR RI itu menilai bahwa amarah dan kebencian bisa menyebar dengan cepat dan bisa mengguncang negara-negara di dunia ini. Menurut Cak Imin, hal ini disebabkan adanya konflik nilai-nilai dan benturan budaya yang dipicu oleh globalisasi.

"Kita hidup di masa ketika batas-batas geografis dan jarak fisik tidak lagi menghalangi orang untuk saling bersinggungan kapan saja di seluruh dunia," ujarnya.

Untuk itu, Cak Imin menegaskan pentingnya membangun dialog lintas agama, lintas negara dan kebudayaan untuk menciptakan harmonisasi dan kedamaian dunia. "Sudah waktunya bagi orang-orang yang beri`tikad baik di setiap agama dan bangsa untuk mengakui bahwa bahaya mengerikan mengancam umat manusia. Kita tidak dapat melanjutkan `Bisnis seperti biasa` dalam menghadapi ancaman eksistensial ini. Sebaliknya, kita harus mengesampingkan pertengkaran dan partisan kita, dan bergabung bersama untuk menghadapi bahaya yang ada di depan kita," pungkasnya. 

Tags : Cak Imin , Muhaimin , IDC CDI , PKB

Berita Terkait