Pemerintah Pusat dan Daerah Diminta Bersinergi Mitigasi Bencana

| Selasa, 04/02/2020 19:39 WIB
Pemerintah Pusat dan Daerah Diminta Bersinergi Mitigasi Bencana Presiden Jokowi menghadiri rakornas BNPB di SICC Bogor (foto: setkabgoid)

BOGOR, RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Penanggulangan Bencana Tahun 2020 di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat, Selasa 4 Februari 2020.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengapresiasi kerja keras di lapangan karena para petugas Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) selalu sigap datang pertama untuk menyelamatkan dan meringankan beban para korban.

“Kita telah bekerja keras membantu para korban, penderitaan korban telah terjadi, kerugian masyarakat dan kerugian bangsa juga harus kita tanggung,” kata Presiden Jokowi.

Selain itu, Presiden menyampaikan bahwa seluruh instansi pemerintah di pusat maupun di daerah, pusat, provinsi, kabupaten, kota, harus bersama-sama bersinergi untuk melakukan pencegahan dan mitigasi bencana.

“Kita lihat yang selama ini sudah cukup baik, perlu lagi kita tingkatkan agar lebih baik lagi. Kita juga harus melakukan pengendalian tata ruang berbasis pengurangan risiko bencana,” tukasnya.

Selain Presiden Jokowi, hadir pula dalam kesempatan itu, Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset Inovasi Nasional Bambang PS Brodjonegoro, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kapolri Jenderal (Pol) Idham Aziz, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Tags : Presiden Jokowi , BNPB , Mitigasi Bencana