Ning Alif Hadiri Dialog Kewanitaan di Ponpes Istiqomah Cintamulya Lamsel

| Senin, 17/02/2020 18:20 WIB
Ning Alif Hadiri Dialog Kewanitaan di Ponpes Istiqomah Cintamulya Lamsel Ponpes Istiqomah Al Amin Cintamulya menggelar dialog kewanitaan (foto: Istimewa)

LAMSEL, RADARBANGSA.COM - Ning Alifatul Ma’rifah menghadiri sekaligus menjadi moderator dalam acara Dialog Kewanitaan dan Saresehan bareng Ning Shiela di Pondok Pesantren (Ponpes) Istiqomah Al-Amin Cintamulya, Candipuro, Lampung Selatan, Minggu 16 Februari 2020. 

Dialog yang diisi oleh Ning Sheila Hasnia dari Ponpes Al-Baqoroh, Lirboyo, Kediri, Jawa Timur itu diikuti oleh ratusan santri, ustadzah dan istri dari guru-guru Ponres Istiqomah Al-Amin Cintamulya.

Selain santri dari Ponpes Istiqomah Al-Amin Cintamulya, hadir  juga perwakilan santriwati dari Ponpes Al-Hamid, Ponpes Al-Amin, Ponpes Hidayatul Mubtadi`in, Ponpes Ma`arif Way Panji serta AIS Lampung.

Ada begitu banyak alasan dan latar belakang mengapa dibutuhkan kajian khusus ilmu fiqih wanita. Di antaranya karena Allah SWT tidak hanya menciptakan laki-laki tetapi juga menciptakan wanita dan disebutkan secara khusus dan tersendiri. Juga karena Allah SWT menciptakan wanita berbeda dengan laki-laki, baik secara fisik dan psikis.

Diantaranya, wanita mengalami namanya haid, nifas, istihadloh wiladah/melahirkan dan semuanya perlu pendalaman ilmu yang kuat karena kesemuanya berhubungan dengan peribadatan seorang wanita.

"Meskipun para santri sudah mempelajari masalah kewanitaan di dalam kitab-kitab ulama salaf tapi masih sangat dibutuhkan dialog yang lebih lagi karena permasalahan wanita begitu komplek,” terang Kiai Imam Shonhaji, Pengasuh Ponpes Al-Hamid Cintamulya, Lampung Selatan.

Acara dialog tersebut diikuti dengan antusias oleh para santriwati bahkan banyak pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan untuk menambah wawasan dan ilmu tentang fiqih kewanitaan.

Tags : Ning Alif , Pilkada Lamsel

Berita Terkait