Ajak Masyarakat Bojonegoro Gemar Makan Ikan, Farida Hidayati Buka `Safari Gemarikan`

| Minggu, 23/02/2020 19:27 WIB
Ajak Masyarakat Bojonegoro Gemar Makan Ikan, Farida Hidayati Buka `Safari Gemarikan` Anggota DPR RI Farida Hidayati mengajak masyarakat dan anak-anak untuk gemar makan ikan saat membuka acara Safari Gemarikan di Bojonegoro, Jawa Timur, Minggu (23/2). (Foto: istimewa)

BOJONEGORO, RADARBANGSA.COM - Anggota Komisi IV DPR RI Farida Hidayati mengatakan bahwa Indonesia sebagai negara maritim memiliki hasil ikan yang melimpah. Karena itu, dirinya mengajak masyarakat untuk gemar makan ikan karena banyak mengandung gizi yang baik untuk pertumbuhan dan kesehatan.

"Kita tentu sudah mengetahui bahwasannya Indonesia sebagai negara dengan cakupan perairan yang cukup luas, di dalamnya terdapat banyak sekali jenis ikan yang baik untuk dikonsumsi masyarakat dan tentunya dapat memenuhi kebutuhan protein masyarakat Indonesia. Dan sebagai negara maritim, tentunya saya sangat mendukung pemerintah yang ingin menjadikan ikan sebagai makanan pokok, Ikan banyak mengandung banyak gizi, mulai protein, karbohidrat, dan mineral. Ikan juga mengandung asam amino essensial yang diperlukan oleh tubuh, disamping itu nilai biologisnya juga mencapai 90%, dengan jaringan pengikat sedikit sehingga lebih mudah dicerna. Dan satu hal yang paling penting juga adalah harganya yang jauh lebih murah dibandingkan dengan sumber protein lainnya seperti daging dan ayam," kata Farida dalam sambutannya di acara "Safari Gemarikan" di Pendopo Maloawapati, kabupaten Bojonegoro, Minggu, 23 Februari 2020.

Baca Juga: Farida Hidayati Serahkan Bantuan untuk Korban Banjir Bandang di Bojonegoro

Menurut legislator Fraksi PKB dapil Jawa Timur IX (Kabupaten Tuban dan Bojonegoro) itu mengungkapkan bahwa pemerintah juga tengah menggalakkan program pencegahan stunting. Hal itu, ujarnya, bisa dicegah dengan memakan makanan yang bergizi, salah satunya Ikan.

Dijelaskannya, Stunting merupakan persoalan serius yang mengancam generasi penerus bangsa dan masih banyak terjadi di Indonesia. Farida menuturkan, berdasarkan data dari sumber Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mencatat bahwa terdapat ± 9 juta atau 37,2% dari jumlah balita di Indonesia menderita stunting.

Dengan angka yang demikian, Indonesia tercatat sebagai negara peringkat kelima di dunia dengan angka kasus stunting terbanyak. Parahnya di Indonesia, stunting tak hanya dialami oleh keluarga kurang mampu saja, tetapi juga dialami oleh balita dari keluarga yang mampu karena penerapan pola asuh yang tidak tepat.

"Dikarenakan ikan merupakan sumber gizi dan protein bagi masyarakat. Sehingga bisa juga menjadi sumber untuk mengurangi angka stunting. Saya berharap kepada seluruh lapisan masyarakat di Kabupaten Bojonegoro agar meningkatkan konsumsi ikan di lingkungan keluarga kita. Karena jika hal itu kita lakukan BissmillairrohmanirrohimInsyaAllah, maka akan terwujud masyarakat Bojonegoro sehat, tangguh, cerdas, produktif dan berdaya saing," ujarnya.

Baca Juga: Farida Hidayati: Kedaulatan Indonesia Tetap Terjaga Karena Pancasila

Oleh karena itu, sambungnya, gemar mengkonsumsi ikan atau gemarikan merupakan tanggung jawab bersama bukan hanya pemerintah saja tetapi juga para pengusaha dalam mendukung peningkatan konsumsi ikan di masyarakat. "Saya sangat berharap Program Gemarikan dapat memberikan efek positif terhadap industrinya, maupun pelaku perikanan dan kelautan di segala tingkatan terutama bagi para nelayan dan petambak dalam mencapai kesejahteraan," pungkasnya.

Diketahui, kegiatan ini turut dihadiri oleh Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Agus Suherman, Bupati Kabupaten Bojonegoro Anna Muawanah, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bojonegoro, serta ratusan masyarakat yang antusias hadir seperti ibu hamil, ibu menyusu, anak-anak dan lainnya.

Tags : Safari Gemarikan , Bojonegoro , Farida Hidayati , PKB

Berita Terkait