Perkuat Pancasila, Tommy Kurniawan Ajak Generasi Milenial Pahami 4 Pilar Kebangsaan

| Kamis, 13/02/2020 13:59 WIB
Perkuat Pancasila, Tommy Kurniawan Ajak Generasi Milenial Pahami 4 Pilar Kebangsaan Tommy Kurniawan Ajak Generasi Milenial Pahami 4 Pilar Kebangsaan (Foto: Radarbangsa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Politisi Fraksi PKB, Tommy Kurniawan mengajak masyarakat muda Indonesia untuk memahami jati diri Indonesia melalui rangkaian kegiatan talk show Sosialiasi Empat Pilar Kebangsaan di Bogor Center School (Borcess) Ashokal Hajar.

Di hadapan ratusan murid Borcess, Tommy menyampaikan pentingnya generasi muda untuk memahami pancasila dan kebangsaan.

“Posisi Generasi milenial saat ini sangat penting karena di usia ini teman-teman pasti banyak sekali terpapar oleh arus informasi lintas negara. Harapan saya teman-teman ini bisa mempertahankan identitas bangsa Indonesia melalui perilaku sosial, misalnya dari penggunaan media sosial,” ujar Anggota DPR RI Dapil Bogor V ini, Selasa 11 Februari 2020.

Tommy menilai Indonesia mempunyai banyak ragam budaya yang unik, kendati demikian teknologi saat ini juga berkembang sangat cepat sehingga masyarakat juga banyak tahu dan kenal budaya dari negara lain.

“Tantangannya adalah jangan sampai dengan adanya teknologi ini akhirnya meminggirkan budaya kita sendiri,” imbuhnya.

Generasi milenial saat ini menurutnya, lebih akrab dikenal dengan teknologi dan media sosial. Melalui media sosial, dirinya mengajak generasi muda untuk dapat mengadopsi nilai sosial yang positif dan tetap berperilaku modern.

“Sederhananya, teman - teman dapat memanfaatkan media sosial ini untuk menyebarkan dan mengaplikasikan nilai-nilai pancasila dengan membuat konten - konten positif yang mencerahkan” katanya.

Di kesempatan yang sama, Tommy memaparkan inti dari pancasila adalah menerima perbedaan. Menurutnya, berapapun banyak suku, ras, agama, setiap individu harus dapat menerima keragaman dan menghormati hak - hak setiap warga.

“Dengan adanya perbedaan ini jangan sampai kita malah saling mempertentangkan satu sama lain, ya sesuai Bhinneka Tunggal Ika, berbeda beda tapi harus tetap bersatu,” tambahnya.

Tags : Tommy Kurniawan , Tomkur , SOS 4 Pilar

Berita Terkait