Jokowi: Ekonomi Digital Harus Ciptakan Lapangan Kerja

| Kamis, 27/02/2020 21:13 WIB
Jokowi: Ekonomi Digital Harus Ciptakan Lapangan Kerja Presiden Jokowi menerima kunjungan kehormatan Menteri Jepang Motegi Toshimitsu, di Istana Merdeka (foto: setkabgoig)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus menjadi Keynote Speech pada Indonesia Digital Economy Summit 2020 di di Ballroom 2 & 3, Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, Kamis 27 Februari 2020.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi mengingatkan bahwa jangan sampai Indonesia ini hanya menjadi pasar maupun cuma jadi penonton atas kemajuan ekonomi digital.

”Ekonomi digital juga harus menciptakan lapangan kerja, harus. Ekonomi digital juga harus mendorong ekspor, harus. Ekonomi digital juga harus meningkatkan devisa, harus,” kata Presiden Jokowi dikutip laman setkabgoid.

Presiden berharap ekonomi digital selanjutnya bisa menurunkan defisit neraca perdagangan dan menurunkan defisit transaksi berjalan. Ia menambahkan juga penting sekali agar perkembangan ekonomi digital harus memicu pemasaran produk-produk dalam negeri.

”Pemasaran produk-produk usaha mikro, usaha kecil, usaha menengah penting sekali ini, saya sampaikan. Artinya, ekonomi digital kita harus mendorong produksi dalam negeri ini laku, terjual. Jangan barang impor yang dipasang di marketplace kita,” jelasnya.

Presiden menyampaikan bahwa semua harus bekerja keras untuk menjadi produsen sehingga memberikan dampak yang luas dan positif kepada masyarakat.

”Saya melihat semakin banyak inisiatif startup, banyak sekali, dan cukup banyak inisiatif kewirausahaan kita, bisnis kita, kewirausahaan sosial yang berbasis teknologi digital saya lihat juga banyak. Inilah kekuatan-kekuatan yang harus kita himpun terus,” imbuh Presiden.

Tags : Presiden Jokowi , Startup