Syaiful Huda: Destinasi Wisata Alternatif Harus Didukung Semua Pihak

| Senin, 02/03/2020 22:40 WIB
Syaiful Huda: Destinasi Wisata Alternatif Harus Didukung Semua Pihak Syaiful Huda (Ketua Komisi X DPR RI Fraksi PKB). (Foto: istimewa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Keberadaan desa wisata yang menjadi destinasi penyangga dari destinasi prioritas harus didorong oleh semua pihak, mulai dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), para pengusaha dan entitas industri pariwisata. Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda menilai para wisatawan terkadang tidak mampu bertahan lama di destinasi utama karena jenuh atau bosan, sehingga mencari alternatif hiburan lainnya.

Baca Juga: Komisi X Bahas Anggaran Kemenparekraf, Syaiful Huda Ingatkan Tantangan Pariwisata Indonesia

Menurutnya, keberadaan desa wisata bisa menjadi wisata alternatif para wisatawan. Ia menegaskan, hal itu penting agar daerah memiliki banyak destinasi wisata.

“Sejak dari awal, saya membayangkan jika ada destinasi super prioritas semestinya harus ada destinasi alternatif. Nah, desa wisata adalah destinasi alternatif yang menjadi penyangga dari destinasi prioritas tersebut,” kata Syaiful dilansir dari dpr.go.id, Senin, 2 Maret 2020.

Politisi PKB itu menilai, desa wisata perlu lebih diperhatikan dan harus bersinergi. “Terkait dengan sinergi, intinya harus ada kolaborasi pemerintah pusat dan pemerintah daerah, jangan saling menegasi. Saya dengar di sini tidak ada retribusi apapun, ini hebat dan perlu dicontoh. Ini merupakan komitmen yang luar biasa yang menjadi kesepahaman bersama. Jangan sampai kebijakan di kabupaten berbeda dengan yang ada di provinsi dan pusat,” jelasnya.

Baca Juga: Syaiful Huda: Pendidikan Nasional Mestinya Berpijak pada Enam Syarat

Syaiful saat kunjungan ke DI Yogyakarta dalam rangka kunjungan reses Komisi X pada Sabtu (29/2/20)lalu menemukan kendala yang ada di lapangan diantaranya aspek sarana dan prasarana yang masih dalam proses, daya tampung homestay yang masih kurang kemudian akses infrastruktur menuju destinasi yang harus diperbaiki serta area parkir yang tidak sekedar lapangan saja tetapi ke depannya harus dibuat yang lebih baik lagi.

“Menurut saya ini luar biasa karena destinasi ini melibatkan masyarakat langsung dan merupakan cita-cita yang paling baik, yakni wisata yang dikelola oleh masyarakat sendiri, jadi perlu didukung dan didorong. Hal ini merupakan model cara mendukung dan memfasilitasi,” ujar legislator dapil Jawa Barat VII itu.

Tags : DPR RI , Desa Wisata , Syaiful Huda , PKB