Mahawan Karuniasa: Transisi Energi Terbarukan Perlu Inklusif

| Senin, 02/03/2020 22:40 WIB
Mahawan Karuniasa: Transisi Energi Terbarukan Perlu Inklusif Dr Mahawan Karuniasa (kedua dari kanan) saat menyampaikan pandangannya terkait Energy di Jakarta Energy Forum 2020 (foto: istimewa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Direktur Environment Institute, Mahawan Karuniasa mengatakan, permintaan energi masyarakat harus tetap dapat terpenuhi dalam transisi energi fosil menuju energi terbarukan. Konsumsi energi perkapita juga perlu memperhatikan keadilan antar negara. Menurutnya, pemenuhan kebutuhan energi juga berkaitan dengan hak asasi dan keadilan.

“Jadi, transisi energi menuju energi terbarukan perlu berjalan inklusif yang melibatkan para pihak dan sejalan dengan pola pembangunan berkelanjutan,” katanya saat menjadi narasumber dalam gelaran Jakarta Energy Forum 2020 yang digelar oleh HIPMI di Jakarta, Senin 2 Maret 2020.

Mahawan menuturkan, beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam transisi energi yang inklusif adalah pertama keterbukaan data khususnya cadangan sumber daya alam energi fosil serta kesenjangannya dengan konsumsi.

“Kedua berkaitan dengan komitmen Indonesia dalam Kesepakatan Paris untuk perubahan iklim. Sedangkan yang ketiga adalah terpenuhinya kebutuhan energi masyarakat,” tuturnya.

Mahawan, yang juga Ketua Jaringan Ahli Perubahan iklim dan Kehutanan Indonesia menyatakan apresiasinya kepada HIPMI, yang membangun forum energi secara terbuka, menghadirkan pemerintah, legislatif, serta akademisi.

“Dalam forum maupun kegiatan berikutnya perlu HIPMI yang juga menjadi pilar masa depan Indonesia perlu melibatkan kelompok masyarakat, seperti LSM dan pemerhati energi dan lingkungan,” imbuhnya.

Tags : Mahawan Karuniasa , Energy Forum 2020 , HIPMI

Berita Terkait