Komisi VII Kunker ke Kalimantan Utara, Ratna Juwita Apresiasi Program RUED

| Selasa, 03/03/2020 20:38 WIB
Komisi VII Kunker ke Kalimantan Utara, Ratna Juwita Apresiasi Program RUED Ratna Juwita Sari (Anggota Komisi VII DPR RI Fraksi PKB). (Foto: amanda/radarbangsacom)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Anggota Komisi VII DPR RI Ratna Juwita Sari mengapresiasi pemerintah Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) yang mengembangkan program Rencana Umum Energi Daerah (RUED). Hal itu disampaikannya saat kunjungan kerja Komisi VII DPR RI ke provinsi tersebut, Senin, 2 Maret 2020.

"Kami terkejut dengan agresivitas inovasi yang mereka kembangkan dalam RUED. Bahkan daerah lain belum banyak yang menyusun," kata Ratna dalam keterangannya, Selasa, 3 Maret 2020.

Baca Juga: Ratna Juwita Tegaskan Gasifikasi PLN Harus Berjalan Transparan

Pada kesempatan itu, Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie menyampaikan bahwa saat ini pihaknya sedang mengembangkan energi matahari, energi batubara dan migas. Kaltara, lanjutnya, juga akan mempercepat pembangunan PLTA Sungai Kayan yang berkapasitas 9000 MW.

Namun, menurut Irianto, dalam pembangunan PLTA yang terletak di Kecamatan Peso tersebut terkendala perizinan dan anggaran. Untuk itu, Ratna menyebut Komisi VII akan mencarikan solusi agar perizinan tersebut tak lagi terhambat.

"Harapan untuk segera menyelesaikan percepatan pembangunan PLTA Sungai Kayan dengan kapasitas 9000 MW patut mendapatkan perhatian, mengingat potensi yang dimiliki maupun semangat untuk `berlari` menuju Energi Baru Terbarukan," tandas Legislator Fraksi PKB dapil Jatim IX ini.

Baca Juga: Soal RUU Minerba, Ratna Juwita Dorong Peningkatan Pengawasan dan Kebutuhan Negara

Ratna juga berharap pembangunan PLTA bisa segera terwujud, sehingga dapat memberikan kemanfaatan yang maksimal bagi Indonesia khususnya masyarakat Kaltara.

Tags : DPR RI , Ratna Juwita , RUED , Kalimantan Utara