16 UMKM Ramaikan Pameran `Malaysia-Indonesia Business Council` di Kuala Lumpur

| Kamis, 05/03/2020 18:48 WIB
16 UMKM Ramaikan Pameran `Malaysia-Indonesia Business Council` di Kuala Lumpur 16 UMKM Tanah Air ikuti pameran Malaysia-Indonesia Business Council di Kuala Lumpur (foto: kemlugoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Pasar Malaysia sudah dikenal UMKM Indonesia untuk aneka ragam produk mulai dari consumer goods hingga produk manufaktur.

Sebagai tindaklanjuti arahan Presiden RI untuk dorong diplomasi ekonomi, Kemlu bekerja sama dengan KBRI Kuala Lumpur selenggarakan business matchmaking untuk promosi dan peningkatan ekspor UMKM di Kuala Lumpur, Malaysia beberapa waktu lalu.

Sebanyak 16 pelaku usaha UMKM dari 8 daerah di Indonesia (Aceh, Sumatera Utara, Riau, Bengkulu, Sumatera Barat, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur) dipertemukan dengan importir dan pengusaha Malaysia. Kegiatan ini dihadiri pula oleh perwakilan Indonesia Trade Association dan Malaysia-Indonesia Business Council.

Para pelaku UMKM yang turut serta dalam kegiatan ini merupakan pengusaha unggulan daerah hasil kurasi yang dilakukan Kemlu bersinergi dengan Pemerintah Daerah.

Kekayaan Indonesia tergambar jelas melalui ragam produk yang dibawa Pelaku UMKM Indonesia, mulai dari consumer goods, produk hortikultura dan perkebunan seperti sayur, buah, kopi dan teh, furniture, hingga kosmetik halal berbahan dasar kayu Gaharu.

Menurut Duta Besar RI untuk Malaysia Rusdi Kirana, produk-produk tersebut menarik perhatian para importir Malaysia, hingga catatkan potential business deals secara langsung. Bahkan, pelaku usaha UMKM juga dapatkan distributor di Malaysia untuk pasarkan produknya misalnya pelaku usaha UMKM dari Riau. 

“Kegiatan ini penting untuk tingkatkan kerja sama ekonomi kedua negara" tegas Duta Besar RI untuk Malaysia, Rusdi Kirana.

Tags : UMKM , Malaysia Indonesia Business Council

Berita Terkait