Tingkatkan Ekspor, Kemendag Dorong Pemanfaatan Niaga Elektronik

| Kamis, 12/03/2020 19:59 WIB
Tingkatkan Ekspor, Kemendag Dorong Pemanfaatan Niaga Elektronik Gedung Kementerian Perdagangan (foto: kemendag.go.id)

TANGERANG, RADARBANGSA.COM - Kementerian Perdagangan (Kemendag) melakukan terobosan dengan memanfaatkan platform niaga elektoroni untuk mendorong ekspor.

"Kemendag terus melakukan terobosan dengan memanfaatkan platform niaga-el untuk mendorong ekspor,” kata Direktur Kerja Sama Pengembangan Ekspor Marolop Nainggolan dilansir kemendaggoid, Kamis 12 Maret 2020.

Menurut Marolop, jika penjualan secara ritel ke luar negeri dikumpulkan dan dilakukan bersama- sama, akan menjadi nilai penjualan yang besar dan berdampak pada peningkatan ekspor.

"Pembekalan informasi peluang dan potensi ekspor dengan memanfaatkan niaga-el juga sangat diperlukan para pelaku usaha. Dengan demikian, para pelaku usaha dapat memperoleh pemahaman yang baru dan lebih luas tentang preferensi produk yang dibeli konsumen di negara setempat secara daring," tuturnya.

Menurutnya, era digital saat ini, tranformasi belanja luring menuju daring mengubah sistem perdagangan global. Menangkap peluang ini, Bukalapak hadir dengan fitur "BukaGlobal" yang dapat membantu para pelaku usaha mengekspor produk-produknya dengan dengan mudah dan biaya logistik yang murah.

Di Singapura, lanjutnya, belanja daring sudah menjadi rutinitas yang sangat umum dan terus berkembang. Untuk promosi dan pemasaran daring, lanjut Marolop, pelaku usaha Indonesia harus jeli memetakan segmentasi konsumen sehingga dapat menarik calon pembeli yang heterogen di sana.

“Pelaku usaha Indonesia sangat berpotensi masuk ke pasar Singapura karena dapat dimanfaatkan oleh UMKM untuk melakukan penjualan secara retail. Selain itu, para pelaku usaha juga memiliki kesempatan yang terbuka luas untuk melakukan tes pasar," jelas Marolop.

Tags : Kemendag , Bukalapak

Berita Terkait