TNI Siapkan 109 Rumah Sakit untuk Tangani Pasien Corona

| Senin, 23/03/2020 07:37 WIB
TNI Siapkan 109 Rumah Sakit untuk Tangani Pasien Corona Marsekal Hadi Tjahjanto (Panglima TNI). (Foto: bisniscom)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan, sebanyak 161 rumah sakit TNI dan Polri disiapkan untuk menghadapi pandemi COVID-19. Sebanyak 109 RS di antaranya merupakan milik TNI yang tersebar di Indonesia.

Ke-109 RS TNI itu mulai dari Tingkat I, Tingkat II, Tingkat III, dan Tingkat IV se-Indonesia, baik yang sudah dan sedang dipersiapkan dengan fasilitas ruang isolasi.

"Mampu menampung minimal 10 tempat tidur hingga 30 tempat tidur untuk tiap rumah sakit," ujar Hadi di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Minggu, 22 Maret 2020.

Sedangkan, Kabaharkam Polri Komjen Agus Andrianto memastikan setidaknya ada 52 RS milik Polri yang siap menampung pasien COVID-19. Dua di antaranya RS Brimob Kelapa Dua Depok dan RS Polri Sukanto Kramat Jati, dengan kapasitas tampung masing-masing 50 kamar dan 200 kamar.

"Ada klasifikasi kelas 1, 2, dan 3 yang siap melayani masyarakat untuk mendukung upaya penyelamatan warga dari bahaya Covid-19," tegas jenderal polisi bintang tiga itu.

Sementara itu, Kementerian BUMN telah menginventarisir rumah sakit milik BUMN yang bisa digunakan untuk menampung pasien yang terpapar virus corona. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan sebanyak 400 kamar disiapkan sebagai ruang observasi.

"Kami membangun ruangan observasi sebanyak 400 kamar tidur yang nantinya mudah-mudahan nggak perlu ditambah. Tapi kalau perlu, (ditambah) sampai seribu," kata Basuki.

Tags : Corona , TNI , Rumah Sakit

Berita Terkait