Presiden Jokowi Ajak Negara G20 Perangi Virus Corona

| Jum'at, 27/03/2020 07:02 WIB
Presiden Jokowi Ajak Negara G20 Perangi Virus Corona Presiden Jokowi saat melakukan pertemuan G20 melalui daring (foto: humas setkabgoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak para pemimpin negara G20 untuk bersama-sama memenangkan dua “peperangan” yaitu melawan Virus Corona (Covid-19) dan pelemahan ekonomi dunia.

Pernyataan tersebut disampaikan Presiden Jokowi saat berbicara pada forum KTT Luar Biasa G20 secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Provinsi Jawa Barat, Kamis 26 Maret 2020 malam.

“Pertama, kita harus kuatkan kerja sama melawan Covid-19,” kata Presiden Jokowi dilansir setkabgoid, Jumat 27 Maret 2020.

Menurut Presiden, G20 harus memotori gerakan solidaritas dunia dalam penanganan Covid-19 dan mendorong agar pandemi ini jangan sampai menganggu kemitraan dan kerja sama yang sudah dibangun bertahun-tahun.

“Untuk itu, G20 harus aktif memimpin upaya menemukan anti-virus dan obat Covid-19, tentunya bersama WHO,” ucap Presiden.

Selain itu, Presiden Jokowi juga mendorong negara anggota G20 untuk bekerja sama dan mensinkronkan kebijakan dan instrumen ekonomi untuk melawan keterpurukan ekonomi sebagai dampak dari Covid-19.

“Kita harus mencegah resesi ekonomi global, melalui kebijakan fiskal dan moneter yang terkoordinasi, serta memperluas dan memperkuat jaring pengaman sosial terutama bagi UMKM,” ujar Presiden.

Tags : Presiden Jokowi , G20