Pemerintah Pastikan Stok Bapok Aman Hingga Idul Fitri

| Jum'at, 27/03/2020 08:01 WIB
Pemerintah Pastikan Stok Bapok Aman Hingga Idul Fitri Menteri Perdagangan Agus Suparmanto dan Mentan Syahrul Yasin Limpo (foto: setkabgoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) terus berkomitmen untuk menjaga stabilitas harga dan pasokan barang kebutuhan pokok (bapok) di tengah keadaan sulit saat ini karena mewabahnya Virus Korona (Covid-19) di Indonesia.

Menurut Direktur Jenderal (Dirjen) Perdagangan Dalam Negeri, Kemendag, Suhanto, secara umum kondisi pasokan bahan pokok makanan hingga idul fitri cukup.

“Secara umum kondisi pasokan bapok cukup untuk memenuhi kebutuhan sampai dengan puasa di bulan Ramadhan dan Idul Fitri 2020,” kata , Rabu 25 Maret 2020. 

Sementara itu, kata Suhanto, khusus untuk bawang putih dan gula pasir, saat ini sedang diupayakan ada penambahan stok melalui importir dan penugasan BUMN.

Berdasarkan pantauan Kemendag pada 24 Maret 2020, harga rata-rata nasional untuk beras, minyak goreng, tepung terigu, kedelai, daging sapi, telur ayam ras, dan bawang merah umumnya relatif stabil.

Kemudian, daging ayam ras, cabe merah keriting, dan cabe merah besar harganya turun dibandingkan bulan sebelumnya, hanya bawang putih yang belum turun secara signifikan.

Tags : Kemendag , Virus Corona