Melawan Virus Covid-19 Harus Dilakukan Semua Negara

| Jum'at, 27/03/2020 21:14 WIB
Melawan Virus Covid-19 Harus Dilakukan Semua Negara Presiden Jokowi saat melakukan pertemuan G20 melalui daring (foto: humas setkabgoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Luar (Menlu), Retno Marsudi mengungkapkan, koordinasi, sinergi, solidaritas, dan soliditas menjadi roh dari pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa (LB) G20 secara virtual yang khusus membahas mengenai penanganan Virus Korona (Covid-19).

“KTT G20 kali ini tidak hanya dihadiri oleh anggota G20, tetapi juga oleh organisasi-organisasi internasional, misalnya WHO, PBB, IMF, dan juga World Bank serta beberapa negara lain yang diundang,” kata Menlu Retno Marsudi dilansir setkabgoid, Jumat 27 Maret 2020.

Menurut Menlu, pelaksanaan KTT 20 Luar Biasa ini merupakan bukti dari global leadership G20 dalam menangani krisis yang terjadi pada saat ini dan pesan utamanya adalah bahwa pandemi mengingatkan bersama mengenai saling keterkaitan atau interconnectedness dan vulnerability.

“Kita tahu bahwa virus ini tidak mengenal batas negara. Oleh karena itu untuk melawan virus ini maka harus dilakukan kerja sama secara bersama, terkoordinasi, dan bersinergi,” ungkapnya.

Retno Marsudi juga menyampaikan bahwa beberapa kepala negara juga menyampaikan mengenai pentingnya memberikan perhatian kepada negara berkembang dan juga least developed country, termasuk Sekjen PBB secara khusus menyampaikan mengenai hal itu.

Tags : KTT G20 , Virus Corona

Berita Terkait