Persiapan Akomodasi, Konsumsi dan Transportasi Haji Indonesia Hampir Final

| Minggu, 29/03/2020 20:07 WIB
Persiapan Akomodasi, Konsumsi dan Transportasi Haji Indonesia Hampir Final Ilustrasi Haji Indonesia

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Pemerintah terus menyiapkan layanan akonomodasi, konsumsi dan transportasi untuk kebutuhan pelaksanaan Haji 2020 mendatang. Tim dari Kementerian Agama (Kemenag) telah berangkat sejak pertengahan Februari lalu. 

Konsul Haji KJRI Jeddah, Endang Jumali mengatakan, persiapan layanan akomodasi di Makkah sudah hampir final, "Sampai saat ini sudah ada deal atau kesepakatan harga untuk 204.755 orang atau sekitar 97.75% dari total kebutuhan," ujar Endang Jumali dikutip laman kemenaggoid, Sabtu 28 Maret 2020.

"Adapun untuk Madinah, sudah ada deal harga untuk 21.015 jemaah atau baru sekitar 34% dari target," tambahnya. 

Untuk konsumsi, jelas Endang Jumali, tim penyedia layanan sudah menyelesaikan proses verifikasi dokumen dan verifikasi faktual atau lapangan. Selanjutnya adalah negosiasi harga dengan pendaftar yang lolos verifikasi, "Sekarang tim sudah deal harga dengan 25 perusahaan konsumsi di Makkah,"jelasnya.

"Untuk penyediaan layanan konsumsi jemaah di Madinah dan Bandara, belum masuk tahap negosiasi harga," ungkapnya. 

Menurut Endang, penyediaan layanan akomodasi dan konsumsi ditargetkan selesai pada minggu kedua bulan April. Adapun untuk layanan transportasi, saat ini baru menyelesaikan tahapan penilaian serta verifikasi dokumen dan lapangan. Prosesnya, ditargetkan selesai pada akhir April 2020.

Tags : Haji 2020 , Kemenag , Arab Saudi

Berita Terkait