Antisipasi Mudik, Presiden Jokowi Minta Program Social Safety Net Dipercepat

| Senin, 30/03/2020 17:56 WIB
Antisipasi Mudik, Presiden Jokowi Minta Program Social Safety Net Dipercepat Presiden Jokowi (foto; setkabgoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan Rapat Terbatas atau Ratas  bersama para menteri Kabinet Indonesia Maju melalui daring mengenai Antisipasi Mudik Lebaran, Senin, 30 Maret 2020.

Dalam pengantarnya, Presiden Jokowi mengatakan, tradisi mudik melibatkan mobilitas orang yang sangat banyak dan sebagai gambaran pada tahun 2019 terjadi pergerakan kurang lebih 19,5 juta orang ke seluruh wilayah Indonesia. Maka dengan adanya mobilitas orang sangat beresiko memperluas penyebaran virus.

“Sejak penetapan tanggap darurat di DKI Jakarta telah terjadi percepatan arus mudik terutama dari para pekerja informal di Jabodetabek menuju ke Provinsi Jawa Barat, Provinsi Jawa Tengah, dan DIY serta ke Jawa Timur,” ujar Presiden Jokowi dilansir setkabgoid.

Untuk itu, Presiden Jokowi berpesan agar fokus mencegah meluasnya Covid-19 dengan mengurangi atau membatasi pergerakan orang dari satu tempat ke tempat yang lain.

Demi keselamatan bersama, lanjut Presiden, untuk dilakukan langkah-langkah yang lebih tegas mencegah terjadinya pergerakan orang ke daerah. “Saya melihat juga ada imbauan-imbauan dari tokoh-tokoh dan gubernur pada perantau di Jabodetabek untuk tidak mudik. Dan ini saya minta untuk diteruskan dan digencarkan lagi,” tegasnya.

Menurut Presiden, arus mudik kali ini dipercepat bukan karena faktor budaya, tetapi memang karena terpaksa seperti yang ada di lapangan banyak pekerja informal di Jabodetabek terpaksa pulang kampung karena penghasilannya menurun sangat drastis atau bahkan hilang.

Maka percepatan program social safety net, jaring pengaman sosial yang memberikan perlindungan sosial di sektor informal dan para pekerja harian maupun program insentif ekonomi bagi usaha mikro, usaha kecil betul-betul segera dilaksanakan di lapangan.

Sementara itu, untuk warga yang sudah terlanjur mudik, Presiden minta kepada para Gubernur, Bupati, dan Wali Kota meningkatkan pengawasannya karena pengawasan di wilayah masing-masing sangat penting sekali.

Tags : Presiden Jokowi , Virus Corona