Hadapi Covid-19, Presiden Jokowi Teken Perppu Stabilitas Ekonomi

| Selasa, 31/03/2020 19:27 WIB
Hadapi Covid-19, Presiden Jokowi Teken Perppu Stabilitas Ekonomi Presiden Jokowi (foto; setkabgoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan, hingga saat ini sebanyak 202 negara, termasuk Indonesia, sedang menghadapi tantangan berat yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya yakni Pandemi Covid-19 atau virus corona.

“Pandemi Covid-19 bukan hanya membawa masalah kesehatan masyarakat, tetapi juga membawa implikasi ekonomi yang sangat luas,” kata Presiden Jokowi dalam siaran persnya, Selasa 31 Maret 2020.

“Saya baru saja menandatangani Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perpu) tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan,” tambah Presiden.

Presiden Jokowi menuturkan bahwa Perpu tersebut memberikan fondasi bagi pemerintah, bagi otoritas perbankan, dan bagi otoritas keuangan untuk melakukan langkah-langkah luar biasa dalam menjamin kesehatan masyarakat, menyelamatkan perekonomian nasional, dan stabilitas sistem keuangan.

“Pemerintah memutuskan total tambahan belanja dan pembiayaan APBN Tahun 2020 untuk penanganan COVID-19 adalah sebesar Rp405,1 triliun,” ungkapnya.

Total anggaran tersebut, jelas Presiden, akan dialokasikan Rp75 triliun untuk belanja bidang kesehatan, Rp110 triliun untuk perlindungan sosial, Rp70,1 triliun untuk insentif perpajakan dan stimulus Kredit Usaha Rakyat, dan Rp150 triliun untuk pembiayaan program pemulihan ekonomi nasional, termasuk restrukturisasi kredit serta penjaminan dan pembiayaan dunia usaha, khususnya terutama usaha mikro, usaha kecil, dan usaha menengah.

Tags : Presiden Jokowi , Perppu Stabilitas Ekonomi