Wiku Adisasmito: Pentingnya Pakai Masker untuk Lindungi Orang Lain

| Rabu, 15/04/2020 15:16 WIB
Wiku Adisasmito: Pentingnya Pakai Masker untuk Lindungi Orang Lain Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito (foto: humas bnpb)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito kembali mengingatkan masyarakat tentang pentingnya memakai masker adalah untuk melindungi orang lain. 

"Kita memakai masker untuk melindungi orang lain. Siapa tahu kita terinfeksi COVID-19 tapi tidak memiliki gejala. Jadi pakai masker supaya orang lain tidak tertular," kata Wiku Adisasmito di Graha BNPB, Jakarta, Rabu 15 April 2020.

Wiku menuturkan bahwa setiap orang bisa membuat sendiri masker yang diperlukan dengan bahan kain. Syarat minimal masker kain yang direkomendasikan adalah berbahan katun, menggunakan tiga lapis kain, kemudian disesuaikan dengan bentuk wajah.

"Yang penting adalah menutup dagu, mulut, sampai pipi,” paparnya.

Selain itu, Wiku juga mengungkapkan soal dua jenis tes COVID-19 yang marak di masyarakat. Jenis tes pertama adalah rapid test atau tes cepat. Tes jenis ini mengambil sampel darah untuk mengukur kondisi antibodi di tubuh peserta tes. Sehingga dapat diketahui reaksi tubuh peserta tes untuk melawan virus.

Tes kedua adalah apa yang dikenal sebagai RTPCR (Reverse Transcription Polymerase Chain Reaction), yang dapat memberikan hasil lebih akurat. Pada masyarakat umum, tes ini lebih populer dengan nama test swab.

Tags : BNPB , Masker , Covid19