Badan Litbang ESDM Kembangkan Ventilator Mekanik Bagi Pasien Covid-19

| Rabu, 22/04/2020 06:56 WIB
Badan Litbang ESDM Kembangkan Ventilator Mekanik Bagi Pasien Covid-19 Pasien Covid-19 di RS rujukan (Foto: Tirto)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Badan Penelitian dan Pengembangan (Badan Litbang) Kementerian ESDM tengah menyempurnakan inovasi Ventilator Mekanik. Pihaknya saat ini juga berharap untuk segera memperoleh sertifikasi dari Balai Pengawasan Fasilitas Kesehatan (BPFK) Jakarta, sehingga dapat diimplementasikan untuk membantu pernafasan pasien Covid-19.

"Riset ini sudah dimulai sejak 4 April 2020. Saat ini kita sedang melakukan penyesuaian agar 18 item yang disyaratkan BPFK, seperti pengaturan kebutuhan tekanan, volume tidal, dan jumlah nafas, dapat terpenuhi kita harapkan akan secepatnya selesai dan bisa membantu pasien Covid-19," ujar Kepala Badan Litbang ESDM Dadan Kusdiana, di Jakarta, Selasa 21 April 2020.

Dadan menuturkan, inovasi ini telah mengikuti uji coba Ventilator Mekanik bersama empat tim pengembang ventilator lainnya yaitu Universitas Indonesia (UI), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Insitut Teknologi 10 November (ITS) di RS Pertamina Jaya, Jakarta (16/4).

Lebih lanjut, rancangan ventilator Badan Litbang ESDM juga telah dikonsultasikan kepada perwakilan Direktorat Pengawasan Alat Kesehatan dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga, Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Balai Pengamanan Fasilitas Kesehatan Jakarta, Ikatan Profesi Anestesi Indonesia, Fakultas Teknik Universitas Indonesia, dan para dokter yang bertugas di Kementerian ESDM.

"Konsultasi dan pendampingan diperlukan sebagai komitmen Badan Litbang ESDM untuk mengutamakan standar keselamatan ventilator," tandas Dadan.

Tags : ESDM , Ventilator Mekanik

Berita Terkait