Serahkan Bantuan Sembako DPR RI, Puan Maharani Minta Masyarakat Tak Mudik

| Kamis, 23/04/2020 20:53 WIB
Serahkan Bantuan Sembako DPR RI, Puan Maharani Minta Masyarakat Tak Mudik Puan Maharani (Ketua DPR RI). (Foto: twitter @Kirani_id)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Ketua DPR RI Puan Maharani meminta agar segenap warga untuk sementara waktu menunda mudik Lebaran tahun ini. Upaya ini untuk mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19).

Puan memahami, di satu sisi larangan mudik sangat memberatkan masyarakat dalam merayakan Hari Raya Idul Fitri. Namun, di sisi lainnya menunda mudik akan mengurangi penyebaran pandemi Covid-19 ke daerah-daerah. Mengingat, status wilayah-wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi sebagai zona merah Covid-19.

“Saya tahu, betapa berharganya untuk dapat bersilaturahmi menemui orang tua dan sanak saudara. Tetapi, ketika kita melakukan mudik di tengah pandemi Covid-19, maka artinya kita memperbesar risiko menularkan virus Covid-19 kepada orang-orang yang kita cintai. Sebab, mungkin saja kita terlihat sehat tapi bisa saja kita sebenarnya membawa virus Corona dan tanpa sadar dapat menularkannya kepada orang-orang yang kita temui saat mudik,” ujar Puan saat penyerahan bantuan sembako kepada karyawan dan masyarakat sekitar Kompleks Parlemen, di selasar Gedung Nusantara III DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis, 23 April 2020.

Politisi PDI-Perjuangan itu mengungkapkan, pemberian bantuan sembako ini sebagai bentuk solidaritas sosial yang dibutuhkan semua komponen masyarakat. “Di saat-saat seperti inilah, sangat dibutuhkan adanya gotong royong kita semua. Pimpinan DPR RI mengajak agar seluruh elemen masyarakat terus menjalankan semangat gotong royong,” tegas Puan.

Di sisi lain, pada kesempatan yang sama Puan mengapresiasi sejumlah Bantuan Sosial (Bansos) yang sudah dibagikan dan sedang disiapkan oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah bagi warga yang terdampak penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). “Insentif seperti itu sangat penting agar masyarakat tenang tinggal di rumah mematuhi anjuran PSBB,” pungkas legislator dapil Jawa Tengah V ini.

Tags : DPR RI , Puan Maharani , COVID-19