Hadapi Covid-19, Indonesia Ajak AS Jadi Bagian Kepemimpinan Kolektif Global

| Jum'at, 24/04/2020 15:22 WIB
Hadapi Covid-19, Indonesia Ajak AS Jadi Bagian Kepemimpinan Kolektif Global Menlu RI Retno Marsudi saat mengikuti video conferensi ASEAN AS (foto: setkabgoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno Marsudi menyampaikan pentingnya kepemimpinan kolektif global di bidang kesehatan sehingga Indonesia mengajak Amerika Serikat (AS) bagian dari kepemimpinan kolektif global dan memperkuat WHO agar lebih siap lagi dalam mencegah serta menghadapi pandemik di masa mendatang. 

”ASEAN dan Amerika Serikat kembali menunjukan komitmen untuk perkuat kerja sama dalam upaya penanggulangan Virus Korona (Covid-19),” ujar Menlu Retno Marsudi melalui video conferensi dilansir setkabgoid, Jumat 24 April 2020.

Video conference ASEAN-AS dihadiri oleh seluruh Menlu negara anggota ASEAN dan Menlu Amerika Serikat serta perwakilan dari pilar kerja sama ASEAN lainnya.

Dalam pertemuan ini, Menlu Retno juga menekankan pentingnya kemitraan strategis ASEAN dan AS dapat terus bekerja dan memberi manfaat  kepada kedua masyarakat di tengah krisis akibat pandemi Covid-19.

“Saya percaya jika kita bersatu dan saling membantu maka akan meringankan beban yang kita pikul,” tambah Retno.

Tags : Menlu Retno Marsudi , ASEAN , Indonesia , AS

Berita Terkait