Jadi RS Rujukan Covid-19, Kementerian PUPR Lanjutkan Pembangunan RS Akademi UGM

| Sabtu, 25/04/2020 19:55 WIB
Jadi RS Rujukan Covid-19, Kementerian PUPR Lanjutkan Pembangunan RS Akademi UGM Design RS Akademi UGM (foto: kementerian PUPR)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah melanjutkan pembangunan Rumah Sakit (RS) Akademi Universitas Gajah Mada (UGM) sebagai RS rujukan penanganan COVID-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta yang sudah sempat dibangun namun terhenti pada tahun 2010 dengan progres saat itu 75%.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, penyelesaian RS Akademi UGM tersebut merupakan bagian dari refocussing kegiatan Kementerian PUPR sebesar Rp1,8 triliun untuk mendukung percepatan penanganan COVID-19.

RS rujukan tersebut akan memiliki kapasitas 107 tempat tidur untuk rawat inap, ruang tindakan dan ruang isolasi.

“Berdasarkan hasil penilaian teknis Balitbang PUPR, secara struktur gedung RS masih baik dan bisa dipakai. Dengan demikian, penyelesaian RS ini tidak memakan waktu terlalu lama. Target selesai adalah pada minggu ke-4 Mei 2020,” kata Basuki Hadimuljono dilansir covid19goid, Sabtu 25 April 2020.

Menurut Basuki, RS yang dilakukan oleh Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Ditjen Cipta Karya dengan kontraktor PT. Adhi Karya tersebut terdiri dari dua gedung masing-masing terdiri dari lima lantai dengan luas seluruhnya sekitar 8.600 m2.

Tags : Virus Corona , Covid19 , Kementerian PUPR

Berita Terkait