Presiden Jokowi Sebut Indonesia Beruntung Pilih PSBB Dibanding Lockdown

| Kamis, 07/05/2020 19:51 WIB
Presiden Jokowi Sebut Indonesia Beruntung Pilih PSBB Dibanding Lockdown Presiden Jokowi (foto: humas setkabgoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo menegaskan Indonesia beruntung sejak awal memilih untuk melakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), bukan karantina wilayah (lockdown) dalam mengatasi pandemi COVID-19.

"Kita beruntung sejak awal memilih kebijakan PSBB bukan `lockdown` atau karantina wilayah," kata Presiden Jokowi, di Istana Merdeka, Jakarta dikutip laman resmi sekretariat kabinet, Kamis, 7 Mei 2020.

Sudah ada 4 provinsi dan 22 kabupaten/kota yang telah menerapkan PSBB untuk mencegah penyebaran COVID-19 hingga saat ini. Pemerintah berusaha keras dan berharap puncak pandemi COVID-19 segera menurun. Namun sejumlah ahli mengatakan ketika kasusnya sudah turun tidak berarti langsung landai atau langsung nol.

"Ada kemungkinan masih bisa naik lagi atau turun lagi, naik sedikit lagi, turun lagi dan seterusnya," beber Jokowi.

Artinya, sampai ditemukan vaksin yang efektif, masyarakat harus hidup berdamai dengan COVID-19 untuk beberapa waktu ke depan.

"PSBB adalah pembatasan kegiatan di tempat umum atau di fasilitas umum dalam bentuk pembatasan jumlah orang dan pengaturan jarak antar-orang, artinya dengan PSBB masyarakat masih bisa beraktivitas, tetapi memang dibatasi dan masyarakat juga harus sadar membatasi diri, tidak boleh berkumpul dalam skala besar," kata Presiden.

Jokowi menilai di sejumlah tempat sudah ada pengurangan aktivitas, namun di tempat lain masyarakat masih berkerumun dan bahkan tidak menerapkan protokol kesehatan.

"Saya melihat di beberapa daerah dari informasi yang saya terima, jalannya sepi, tetapi di kampungnya masih berkerumun ramai, di kampungnya masih banyak yang bergerombol ramai. Padahal interaksi fisik itu harus dikurangi, harus jaga jarak, harus bermasker, harus sering cuci tangan sehabis kegiatan," ujar Presiden.

Tags : Jokowi , Covid19 , PSBB