Perangi Covid-19, Kemendag Salurkan Bantuan ke Pemprov Jateng

| Sabtu, 09/05/2020 18:08 WIB
Perangi Covid-19, Kemendag Salurkan Bantuan ke Pemprov Jateng Kemendag menyerahkan bantuan ke Pemprov Jawa Tengah (foto: kemendaggoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kementerian Perdagangan (Kemendag) terus berupaya melakukan pencegahan dan penyebaran COVID-19 di masyarakat, salah satunya melalui kegiatan bantuan Kemendag.

Kemendag diwakili Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Suhanto menyerahkan bantuan alat dan sarana penanggulangan COVID-19 kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di rumah dinas Gubernur Jawa Tengah, Semarang, Jumat 8 Mei 2020 kemarin. 

“Kementerian Perdagangan pada hari ini menyerahkan bantuan sosial alat kesehatan untuk pasar rakyat di Jawa Tengah sebagai upaya membantu pencegahan penyebaran COVID-19,” ujar Suhanto.

Suhanto mengatakan, bantuan Kemendag di Jawa Tengah akan didistribusikan kepada 35 pasar rakyat di kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah.

Bantuan tersebut terdiri dari bilik antiseptik sebanyak 35 unit, wastafel cuci tangan sebanyak 35 unit, tangki air 120 liter sebanyak 35 unit, cairan antiseptik isi lima liter sebanyak 35 jeriken, masker sebanyak 350 dus, sarung tangan plastik sebanyak 350 dus, sarung tangan lateks sebanyak 105 dus, dan sabun cair isi lima liter sebanyak 35 jeriken.

“Sebagaimana arahan Menteri Perdagangan, kami juga mengimbau pada bupati dan walikota agar pasar rakyat terus berjalan. Pasar rakyat merupakan tempat bertemunya pedagang dan pembeli yang berdagang hasil-hasil bumi. Pasar rakyat harus tetap berjalan dengan memperhatikan protokol kesehatan. Di Jawa Tengah, beberapa pasar rakyat kami lihat sudah menerapkan protokol-protokol kesehatan,” imbuh Suhanto.

Selain itu, bantuan juga akan dibagikan kepada delapan gudang sistem resi gudang (SRG) di tujuh kabupaten/kota di wilayah Provinsi Jawa Tengah. Bantuan tersebut terdiri dari masker kain sebanyak 16 paket, wastafel sebanyak delapan unit, sabun cuci tangan sebanyak delapan paket, semprotan elektrik sebanyak 16 unit, obat disinfektan sebanyak delapan paket, kacamata pelindung sebanyak 16 unit, masker anti air sebanyak 16 paket, dan sarung tangan lateks sebanyak delapan paket.

Tags : Kemendag , Menteri Agus Suparmanto

Berita Terkait