Mendag Agus Suparmanto: Harga Gula Sudah Mulai Turun

| Minggu, 10/05/2020 18:03 WIB
Mendag Agus Suparmanto: Harga Gula Sudah Mulai Turun Menteri Perdagangan Agus Suparmanto Menteri meninjau Gudang Bulog Divisi Regional Jawa Barat (foto: Humas Kemendag)

BANDUNG, RADARBANGSA.COM - Upaya stabilisasi harga barang kebutuhan pokok membuahkan hasil positif. Harga gula yang sempat membubung tinggi kini berangsur turun dan stabil sesuai harga eceran tertinggi (HET) Rp12.500/kg, begitu pula di Jawa Barat. Penegasan ini disampaikan Menteri Perdagangan Agus Suparmanto di Bandung, Jawa Barat pada Jumat 8 Mei 2020 lalu.

Mendag Agus melakukan pengecekan langsung gudang Bulog Divisi Regional Jawa Barat dalam rangkaian kepedulian Kemendag pada pedagang di pasar rakyat dan gudang SRG di Jawa Barat dengan menyerahkan bantuan sarana kesehatan senilai Rp5,4 miliar dan alat kesehatan kepada Pemprov Jabar.

“Hari-hari ini harga gula sudah turun menjadi Rp14.000/kg dan saya menjamin sebelum Lebaran nanti harganya akan stabil di tingkat Rp12.500/kg. Di ritel modern di seluruh Indonesia, harga gula sudah sangat stabil sesuai HET. Saya dan tim monitoring Kemendag akan terus memonitor pergerakan harga gula ini,” kata Mendag Agus dilansir kemendagoid.

Harga gula memang sempat melonjak hingga Rp17.800/kg di Jawa Barat. Sejumlah langkah terobosan telah dilakukan Kemendag untuk mengembalikan harga ke posisi normal sesuai HET. Selain memangkas jalur distribusi yang terpotret cukup panjang, juga menambah stok dari impor dan menugaskan BUMN dan swasta untuk mengolah gula mentah menjadi gula kristal putih. Kemendag juga menggandeng Satgas Pangan untuk mengawasi seluruh gudang logistik agar tidak terjadi penimbunan dan spekulasi. Operasi pasar juga dilakukan dengan menggerojok puluhan ribu ton gula ke pasar rakyat di Jawa dan Sumatera.

Harga bawang putih juga turun secara signifikan. Awalnya harga bawang putih sempat menembus angka Rp60.000/kg, kini harga bawang putih sudah mencapai Rp15.000/kg. Begitu pula dengan bawang bombai yang kini harganya turun cukup drastis. Masyarakat tidak sulit mencari bawang putih dan bombai di pasar.

Salah satu upaya terobosan yang dilakukan Kemendag adalah melakukan relaksasi ijin impor hortikultura dengan menerbitkan Permendag No 27/2020 tentang Perubahan Atas Permendag No 44/2019 Tentang Ketentuan Impor Produk Hortikultura yang berlaku 18 Maret sampai 31 Mei 2020.

 

Tags : Harga Gula , Menteri Agus Suparmanto , Kemendag

Berita Terkait