Jokowi: Hati-hati Mengenai Pelonggaran PSBB, Jangan Tergesa-gesa

| Selasa, 12/05/2020 14:20 WIB
Jokowi: Hati-hati Mengenai Pelonggaran PSBB, Jangan Tergesa-gesa Presiden Jokowi (foto: setkabgoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan pemangku kebijakan untuk tidak tergesa-gesa melakukan pelonggaran penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di sejumlah daerah.

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi dalam rapat terbatas melalui video conference terkait evaluasi pelaksanaan penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) pada Selasa, 12 Mei 2020.

Menurut Jokowi, pelonggaran PSBB harus didasarkan pada kajian lapangan yang matang, sehingga keputusan yang diambil betul-betul dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

"Pelonggaran untuk PSBB agar dilakukan secara hati-hati dan tidak tergesa-gesa. Semuanya didasarkan pada data-data lapangan, sehingga keputusan itu betul-betul sebuah keputusan yang benar, hati-hati mengenai pelonggaran PSBB," kata Jokowi seperti dikutip dari Youtube Sekretariat Kabinet.

Ia menjelaskan saat ini ada 4 provinsi dan 72 kabupaten/kota yang melaksanakan PSBB, serta ada juga provinsi dan kabupaten/kota yang belum melaksanakan PSBB tetapi memakai cara yang lain dan cukup berhasil.

“Kita ingin ada sebuah evaluasi yang detail pada provinsi, kabupaten dan kota mengenai data trend penambahan atau penurunan kasus positif baru di setiap daerah, baik yang menerapkan PSBB maupun tidak," ujarnya.

Tags : Jokowi , PSBB , Covid19