Jokowi Minta Ketersediaan dan Stabilitas Harga Dikontrol di Lapangan

| Rabu, 13/05/2020 19:20 WIB
Jokowi Minta Ketersediaan dan Stabilitas Harga Dikontrol di Lapangan Presiden Joko Widodo (foto: setkabgoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) minta bawahannya untuk mengontrol ketersediaan dan stabilitas harga agar betul-betul dikontrol di lapangan.

“Ini sudah yang ketiga kita berbicara masalah bahan pokok karena urusan stok ketersediaan dan harga ini, stabilitas harga ini penting terus kita monitor setiap hari, setiap minggu,” kata Presiden Jokowi saat Ratas bersama para menteri Kabinet Indonesia Maju secara virtual, Rabu 13 Mei 2020.

Presiden Jokowi juga mengingatkan untuk hati-hati dengan peringatan FAO (The Food and Agriculture Organization of the United Nations) mengenai krisis pangan karena pandemi Covid-19.

“Saya melihat laporan dari BPS (Badan Pusat Statistik) di bulan April, bahan pangan justru mengalami deflasi sebesar 0,13%,” imbuh Presiden.

Menurut Presiden, ini ada indikasi penurunan permintaan bahan-bahan pangan dan artinya daya beli masyarakat menurun.

Oleh sebab itu, Presiden sampaikan bahwa Pemerintah telah meluncurkan Bantuan Sosial Tunai untuk 9 juta keluarga, BLT Desa dari Dana Desa untuk 11 juta keluarga, ada Kartu Sembako, ada PKH (Program Keluarga Harapan), juga ada Padat Karya Tunai.

“Dan kita harapkan ini akan meningkatkan daya beli masyarakat,” tukasnya.

Tags : Presiden Jokowi , PSBB , Covid19