Sambut Sembilan ABK yang Tertipu Rayuan Calo, Ini Pesan Menteri Ida Fauziyah

| Sabtu, 30/05/2020 20:24 WIB
Sambut Sembilan ABK yang Tertipu Rayuan Calo, Ini Pesan Menteri Ida Fauziyah Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah menyambut sembilan Anak Buah Kapal (ABK) asal Indonesia di Bandara Soekarno-Hatta (foto: kemnakergoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, menyambut sembilan Anak Buah Kapal (ABK) asal Indonesia yang dipulangkan melalui Republik Korea di Terminal 3 Kedatangan Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Jumat 29 2020 malam kemarin.

Penyambutan ABK ini sebagai bentuk dukungan moril dan kepedulian pemerintah akan nasib pekerja Indonesia sebagaimana diamanahkan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2017 tentang Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (UU PPMI).

Adapun, kesembilan ABK yang kembali ke Indonesia yakni Nugi Pagestu (Bandung/Jawa Barat); Eko Abdurrachman, Rohman, dan Agung (Cirebon/Jabar); dan Aidul (Lampung Selatan/Lampung). Empat ABK lainnya yakni Arief Saefudin (Kediri/Jatim); Lasiran (Kebumen/Jateng); David Malvino (Jakut/DKI Jakarta); dan Erik (Palu/Sulteng).

"Pemerintah melakukan berbagai upaya agar semua cerita menyedihkan tentang penderitaan dan kekerasan terhadap ABK Indonesia tidak terulang lagi, termasuk memperkuat aspek regulasi dan pengawasan," kata Menteri Ida Fauziyah dalam keterangan persnya melalui kemnakergoid, Sabtu 30 Mei 2020.

Kepada para ABK, Menteri Ida berpesan agar bisa memetik pelajaran dan pengalaman apabila ingin bekerja keluar negeri menjadi ABK. Para calon ABK diminta mempelajari secara seksama kontrak kerja sebelum berangkat, serta mempelajari kredibilitas dan legalitas perusahaan, "Jadi sebelum berangkat, cek dulu kontrak kerja, cek dulu kredibilitas dan legalitas perusahaan yang akan memberangkatkan," katanya.

"Saya harap jangan sampai terulang lagi, jangan sampai kena pengaruh atau iming-iming dari calo ya. Kalau mau berangkat pelajari tahapan-tahapan tadi," pesannya.

Tags : Menteri Ida Fauziyah , ABK , PMI

Berita Terkait