Presiden Jokowi: Pancasila Gerakkan Rasa Kepedulian untuk Saling Berbagi

| Senin, 01/06/2020 12:02 WIB
Presiden Jokowi: Pancasila Gerakkan Rasa Kepedulian untuk Saling Berbagi Presiden Jokowi (foto: Facebook Presiden Joko Widodo)

BOGOR, RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama pimpinan lembaga pemerintahan menggelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila secara virtual di Istana Kepresiden Bogor, Jawa Barat, Senin 1 Juni 2020. 

"Peringatan Hari Lahir Pancasila pada tahun ini dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19. Sebuah kondisi yang menguji daya juang kita sebagai bangsa, pengorbanan, kedisiplinan, kepatuhan, serta ketenangan dalam mengambil langkah kebijakan yang cepat dan tepat," kata Presiden Jokowi lewan media sosialnya.

"Saya mengikutinya dari Ruang Garuda, Istana Kepresidenan Bogor, dan dari berbagai tempat, hadir para pimpinan lembaga negara, menteri Kabinet Indonesia Maju, pimpinan lembaga pemerintah nonkementerian, perwakilan negara Republik Indonesia di luar negeri, dan sejumlah kepala daerah," jelas Presiden.

Meski upacara dilakukan secara virtual tak mengurangi kekhidmatan Pancasila. Menurut Presiden, Pancasila tetap menjadi bintang penjuru untuk menggerakkan kita, persatuan kita, dalam mengatasi semua tantangan.

"Pancasila menggerakkan rasa kepedulian kita untuk saling berbagi. Memperkokoh persaudaraan dan kegotongroyongan kita untuk meringankan beban seluruh anak negeri, dan menumbuhan daya juang kita dalam mengatasi setiap kesulitan dan tantangan," katanya.

Presiden juga mengajakat mengajak seluruh penyelenggara negara dari pusat sampai daerah untuk terus meneguhkan keberpihakan pada masyarakat yang sedang mengalami kesulitan, untuk melayani masyarakat tanpa membeda-bedakan kelompok, ras, dan agama, serta untuk memenuhi kewajiban kita melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia.

Tags : Presiden Jokowi , Hari Pancasila , 1 Juni