Wapres Maruf Amin Tegaskan Pancasila Titik Temu Berbagai Perbedaan

| Senin, 01/06/2020 22:35 WIB
Wapres Maruf Amin Tegaskan Pancasila Titik Temu Berbagai Perbedaan KH Maruf Amin (Wakil Presiden RI). (Foto: twitter @Kiyai_MarufAmin)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Wakil Presiden KH Ma`ruf Amin mengatakan bahwa Pancasila merupakan titik temu berbagai perbedaan yang ada di Indonesia, mulai dari suku, agama, ras dan kepercayaan.

"Pancasila hadir untuk menjadi titik temu, kalimatun sawa. Segala perbedaan dari berbagai macam suku, bangsa, agama dan kepercayaan," kata Kiai Ma`ruf dalam keterangannya di Jakarta, Senin, 1 Juni 2020.

Menurutnya, sebagai ideologi bangsa Pancasila menjadi simbol keberagaman yang merupakan hasil kesepakata atau mitsaaq dari para pendiri bangsa terdahulu. "Pancasila merupakan hasil dari kesepakatan para pendiri bangsa. Pancasila telah menjadi konsensus nasional dari semua golongan masyarakat Indonesia," tuturnya.

Implementasi dari nilai-nilai Pancasila harus dilakukan dengan tindakan nyata dari seluruh masyarakat, khususnya di tengah bencana pandemik COVID-19.

"Selamat memperingati Hari Lahir Pancasila, semoga semangat persatuan bangsa dapat terus terjaga. Mari wujudkan Pancasila sebagai pedoman untuk melakukan tindakan melalui gotong royong menuju Indonesia Maju," ucapnya.

Tags : Pancasila , Wapres RI , Maruf Amin

Berita Terkait