Menteri Ida Fauziyah: Kemnaker Miliki Program untuk Pekerja Terdampak Covid-19

| Rabu, 03/06/2020 15:17 WIB
Menteri Ida Fauziyah: Kemnaker Miliki Program untuk Pekerja Terdampak Covid-19 Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah memberikan keterangan pers di Graha BNPB Jakarta beberapa waktu lalu (foto: BNPB)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengungkapka, Kemnaker memiliki program padat karya infrastruktur, padat karya produktif, Tenaga Kerja Mandiri (TKM), dan pengembangan kewirausahaan melalui program Teknologi Tepat Guna (TTG). Program ini sebagai pengembangan dan perluasan kesempatan kerja bagi pekerja yang terdampak Covid-19.

“Ini adalah program pengembangan dan perluasan kesempatan kerja bagi pekerja terdampak Covid-19, calon PMI yang gagal berangkat, PMI yang dipulangkan, serta pekerja usaha mikro dan kecil,” kata Menteri Ida Fauziyah dalam keterangan pers Humas Kemnaker, Selasa 2 Juni 2020.

Lebih lanjut kata Ida, Kemnaker juga mendukung kebijakan program 89, proyek yang akan direkomendasikan sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN). Proyek senilai Rp1.422 triliun tersebut diharapkan dapat menyerap sekitar 19 juta tenaga kerja.

“Sesuai arahan Menko Bidang Perekonomian, proyek PSN 2020-2024 ditargetkan dapat  menyerap 4 juta tenaga kerja setiap tahunnya atau selama proyek itu berjalan, agregatnya bisa mencapai 19 juta orang,” pungkasnya.

Secara rinci, 89 proyek tersebut terdiri dari 15 proyek terkait jalan dan jembatan, 5 proyek bandara, 5 proyek kawasan industri sebesar, 13 proyek bendungan dan irigasi, 1 proyek tanggul laut, 1 program dan 2 proyek smelter proyek penyediaan lahan pangan di Kalimantan Tengah, 5 proyek pelabuhan, 6 proyek kereta api, dan 13 proyek kawasan.

Tags : Menteri Ida Fauziyah , Pekerja , Kemnaker

Berita Terkait