KJRI Cape Town Fasilitasi Kepulangan 13 WNI ABK dari Afrika Selatan

| Rabu, 10/06/2020 19:41 WIB
KJRI Cape Town Fasilitasi Kepulangan 13 WNI ABK dari Afrika Selatan KJRI Cape Town telah melepas kepulangan 13 anak buah kapal (ABK) Indonesia kapal ikan Jepang Koryo Maru (foto: kemlugoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - KJRI Cape Town telah melepas kepulangan 13 anak buah kapal (ABK) Indonesia kapal ikan Jepang Koryo Maru No. 11 dari kantor imigrasi Pelabuhan Cape Town, Senin 8 Juni 2020 lalu.

Seluruh WNI tersebut akan bergabung dengan pesawat repatriasi South African Airways (SAA) dari Johannesburg – Frankfurt dan dijadwalkan tiba di Indonesia pada tanggal 11 Juni 2020 pukul 13.40 WIB, esok.

Dalam keterangan persnya, selama masa national lockdown sejak tanggal 27 Maret 2020,  KJRI Cape Town telah membantu 5 (lima) kali upaya pemulangan WNI untuk 67 WNI. Sebagian besar diantara mereka merupakan PMI yang bekerja sebagai Anak Buah Kapal. Selain membantu memfasilitasi kepulangannya, KJRI Cape Twon juga secara intensif memberikan paket bantuan logistik dan pelayanan lain yang dibutuhkan.

Dalam mendukung kelancaran upaya repatriasi, KJRI Cape Town senantiasa berkoordinasi dengan KBRI Pretoria, pemerintah provinsi Western Cape, kepolisian daerah Western Cape, agen-agen dan perusahaan kapal, manning agent Indonesia, dan pihak keluarga WNI. 

Saat ini, masih ada 4 (empat) orang WNI di wilayah kerja KJRI Cape Town berstatus turis stranded, 3 (tiga) orang ABK WNI pada kapal-kapal asing, dan 3 (tiga) WNA berstatus pemegang KITAS/KITAP yang berupaya mencari peluang dapat bergabung di pesawat repatriasi.

Dalam hal ini, Pemerintah Indonesia memfasilitasi kesepuluh orang tersebut untuk dapat bergabung dengan pesawat repatriasi yang disponsori oleh perwakilan pemerintah asing di Afrika Selatan-Qatar, Belanda, dan Jerman.

Tags : WNI , ABK , KJRI Cape Town , Kemlu