Legislator PKB Jatim Dukung Kepala Daerah Fasilitasi Rapid Test untuk Santri

| Senin, 15/06/2020 16:02 WIB
Legislator PKB Jatim Dukung Kepala Daerah Fasilitasi Rapid Test untuk Santri Peringatan Hari Santri Nasional oleh para santri tahun lalu (Foto: twitter @HariSantri_ID)

SURABAYA, RADARBANGSA.COM - PKB Jawa Timur melalui Dewannya di DPRD Jawa Timur terus mengupayakan agar santri di pondok pesantren (ponpes) bebas dari penyebaran Covid-19 yakni memfasilitasi rapid test para santri yang akan memulai kegiatan belajar di ponpes.

“Kader PKB harus terjun langsung untuk mengawal proses belajar mengajar di Ponpes agar bisa aktif dan sehat seperti semula. Termasuk memberikan fasilitas. Rapid test secara gratis,” kata Anggota Komisi B DPRD Jawa Timur, Achmad Amir Aslichin, Senin 15 Juni 2020.

Untuk mendukung itu, kata Achmad Amir Aslichin, kepala daerah di Jawa Timur harus menjadi ujung tombak agar santri bisa melaksanakan rapid test. Apalagi, salah satu syarat untuk masuk Ponpes di beberapa daerah termasuk di Sidoarjo mengharuskan sehat yakni dengan membawa surat bebas Covid-19 melalui rapid test.

Menurut Iin, sapaan akrabnya, bantuan dari Kepala Daerah dari PKB di masing-masing wilayahnya akan sangat membantu para santri dan pengelola ponpes.

“Kami berharap fasilitas rapid test bisa segera diberikan sambil menunggu jadwal masuk ponpres. Jika dalam rapid test ada yang reaktif maka perlu tindak lanjut karantina dan penanganan kesehatan selanjutnya,” ungkapnya.

Tags : santri , rapid test , PKB Jatim

Berita Terkait