Pemerintah Sepakat Tunda Bahas RUU HIP, Wapres: Fokus Covid-19!

| Kamis, 18/06/2020 09:11 WIB
Pemerintah Sepakat Tunda Bahas RUU HIP, Wapres: Fokus Covid-19! KH Maruf Amin (Wakil Presiden RI). (Foto: twitter @Kiyai_MarufAmin)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Wakil Presiden KH. Ma`ruf Amin menyatakan penundaan pembahasan RUU Haluan Ideologi Pancasila mendapat dukungan dari sejumlah ormas keagamaan besar di Indonesia.

Diantaranya Majelis Ulama Indonesia (MUI), Nahdlatul Ulama (NU), dan Muhammadiyah. Dia mengaku dukungan itu bentuk kehadiran ormas menjaga ketenangan bangsa.

"Kami menyampaikan terima kasih dan semoga juga direspon sama oleh ormas-ormas yang lain dan masyarakat demi ketenangan bangsa kita," kata Kiai Ma`ruf dalam keteranganya kepada wartawan, Rabu, 17 Juni 2020.

Menurut Kiai Ma’ruf, upaya pemulihan ekonomi nasional, penanganan COVID-19 dan dampaknya, masih menjadi fokus utama pemerintah. Untuk itu, RUU HIP yang kini tengah dibahas oleh anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) perlu ditunda.

Keputusan itu diambil setelah pemerintah membahas, dan memperhatikan berbagai tanggapan terhadap RUU HIP. “Untuk menunda. Karena pemerintah menunda pembahasannya karena memang pemerintah ingin fokus kepada penanganan COVID-19 dan dampaknya," jelas dia.

"Termasuk masalah sosial dan ekonomi dalam rangka upaya pemulihan ekonomi nasional," tutup Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) non aktif ini.

Tags : Maruf Amin , RUU HIP

Berita Terkait