Pemerintah Selesaikan Pembangunan Stasiun Terpadu

| Kamis, 18/06/2020 18:11 WIB
Pemerintah Selesaikan Pembangunan Stasiun Terpadu Stasiun KRL (Doc: Isitimewa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - PT Kereta Api Indonesia (persero) dan PT KCI bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menyelesaikan pembangunan sarana prasarana Stasiun Terpadu di empat stasiun yang menjadi pelopor yaitu Stasiun Tanah Abang, Stasiun Sudirman, Stasiun Juanda, dan Stasiun Pasar Senen.

“Kini stasiun-stasiun KRL telah terintegrasi secara fisik maupun informasi dengan moda lain mulai dari Bus Transjakarta, MRT, ojek daring maupun pangkalan, hingga mikrotrans dan bajaj. Tentunya ini akan membuat pengguna kami semakin nyaman menggunakan transportasi publik,” jelas Direktur Utama PT KCI Wiwik Widayanti dalam keterangan resmi PT KAI, Kamis 18 Juni 2020.

Pembangunan di empat stasiun tersebut meliputi penataan kawasan stasiun, peningkatan prasarana di dalam stasiun, Pembangunan halte di sekitar stasiun, serta manajemen sirkulasi pengguna dan kendaraan untuk mengurai kemacetan di sekitar stasiun. Hasilnya, para pengguna KRL kini lebih mudah berganti moda dalam mengakses stasiun KRL maupun mencari transportasi lanjutan setelah turun dari KRL.

Salah satu stasiun yang sudah terintegrasi adalah Stasiun Tanah Abang. Stasiun ini merupakan salah satu stasiun terbesar dan dengan jumlah pengguna tertinggi di Jabodetabek. Stasiun tanah abang dapat melayani hingga lebih dari 120.000 pengguna per hari. Puncak aktivitas di stasiun ini biasanya terjadi saat hari pasar di Tanah Abang yang juga bertepatan dengan hari kerja untuk kawasan perkantoran di sekitar Jakarta Pusat.

“Integrasi ini akan semakin mengembangkan potensi Stasiun Tanah Abang, terutama dari segi volume pengguna,” kata Wiwik.

Sebelum pandemi Covid-19, volume pengguna di Stasiun Tanah Abang rata-rata adalah 40.789 per harinya. Selama pandemi dan pemberlakuan PSBB, rata-rata volume pengguna hanya 12.061 setiap hari.

“Namun demikian, Stasiun Tanah Abang menjadi salah satu contoh dimana physical distancing dapat dijaga dengan disiplin bahkan saat jam-jam padat pengguna, ” ungkap Wiwik.

Stasiun-stasiun lain yang telah terintegrasi yaitu Juanda, Sudirman, dan Pasar Senen juga diprediksi akan meningkat volume penggunanya terutama setelah pandemi Covid-19 berlalu.

“Dengan integrasi yang lebih baik, kami juga berharap angka kepuasan pengguna terhadap layanan di stasiun-stasiun tersebut dan layanan KRL secara umum akan meningkat,” tutup Wiwik.

 

 

 

Tags : Stasiun Terpadu , Senayan

Berita Terkait