Menteri Agus: Pandemi Tidak Surutkan Langkah UKM Tembus Pasar Ekspor

| Rabu, 01/07/2020 15:24 WIB
Menteri Agus: Pandemi Tidak Surutkan Langkah UKM Tembus Pasar Ekspor Menteri Perdagangan Agus Suparmanto (foto: Humas Kemendag)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri  Perdagangan  (Mendag), Agus  Suparmanto  mengapresiasi  keberhasilan  PT Indoto Tirta Mulia atas ekspor perdana produk alas kaki di tengah pandemi Covid-19. Produk tersebut diekspor ke Singapura dengan nilai lebih dari Rp500 juta beberapa waktu lalu.

PT Indoto Tirta Mulia adalah usaha kecil menengah (UKM) yang menjadi salah satu peserta Export Coaching Program pada 2019. Export Coaching Program adalah program pendampingan ekspor bagi pelaku UKM yang diinisiasi Kementerian Perdagangan melalui Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia (PPEI), Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional.

“Keberhasilan PT Indoto Tirta Mulia mencetak ekspor membuktikan bahwa pandemi tidak menyurutkan langkah UKM untuk terus berkarya dan breprestasi. Kementerian Perdagangan yang menjadi bagian dari keberhasilan ini juga sangat bangga atas kegigihan PT Indoto Tirta Mulia memanfaatkan peluang di tengah pandemi Covid-19,” ungkap Mendag Agus Suparmanto dalam keterangan persnya, Selasa 30 Juni 2020.

Seraya menambahkan, Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, Kasan menyampaikan pencapaian ekspor yang diraih ini merupakan hasil dari komitmen dan kerja keras pelaku usaha dalam program pendampingan ekspor, yang didukung oleh kerja sama yang baik antara PPEI, tim fasilitator, dan dinas di daerah.

Export Coaching Program, lanjut Kasan, dimaksudkan agar para pelaku usaha mampu menjalankan bisnis ekspor secara efektif, melakukan perbaikan dan peningkatan untuk berbagai hal seperti manajemen, produksi, promosi, pemasaran, serta saat berlangsungnya proses ekspor.

Tags : Ekspor , Kemendag

Berita Terkait