Kerjasama Kawasan Samudra Hindia, Indonesia Konsisten Dorong Isu Kemaritiman

| Kamis, 02/07/2020 15:36 WIB
Kerjasama Kawasan Samudra Hindia, Indonesia Konsisten Dorong Isu Kemaritiman Pertemuan the Tenth IORA Bi-Annual Meeting of the Committee of Senior Officials (foto: kemlu)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Indonesia secara konsisten berperan aktif mendorong isu kelautan dan kemaritiman pada kerja sama regional di kawasan Samudra Hindia.

Indonesia telah hadir dan berpartisipasi pada pertemuan the Tenth IORA Bi-Annual Meeting of the Committee of Senior Officials (CSO) yang diselenggarakan secara daring pada 29 Juni – 1 Juli2020.

“Saat ini merupakan momentum yang sangat tepat bagi seluruh negara untuk merealisasikan kerja sama yang kongkret dalam mendorong sektor kelautan sebagai penggerak pemulihan ekonomi pasca pandemi," kata Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika, Desra dalam keterangan pers kemlugoid.

Untuk itu, lanjut Desra, Indonesia telah menyusun Rencana Kerja yang bersifat action oriented bagi IORA yang antara lain terfokus pada pemulihan kesejahteraan nelayan, perlindungan terhadap ABK di kapal ikan, serta revitalisasi pariwisata bahari.

Indonesia selaku Lead Coodinator untuk area kerja sama prioritas Pengelolaan Perikanan menyerukan kepada seluruh Negara Anggota dan Mitra Wicara IORA untuk terus bekerja sama secara kolektif dalam menghadapi pandemi COVID-19 melalui penguatan kerja sama ekonomi, fasilitasi perdagangan dan investasi pada sektor perikanan.

Tags : Indonesia , Negara Maritim