Resmikan Pasar Gentan, Mendag Dorong Percepatan Pembangunan Sektor Perdagangan

| Jum'at, 03/07/2020 19:45 WIB
Resmikan Pasar Gentan, Mendag Dorong Percepatan Pembangunan Sektor Perdagangan Menteri Perdagangan Agus Suparmanto meresmikan pasar di Yogyakarta (foto: Humas Kemendag)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Perdagangan (Mendag), Agus Suparmanto menyampaikan, Kementerian Perdagangan (Kemendag) terus mendorong percepatan pembangunan di daerah, khususnya sektor perdagangan melalui revitalisasi pasar rakyat. Hal ini diungkapkan Mendag saat meresmikan Pasar Gantan di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis 2 Juli 2020.

Pada peresmian ini, Mendag Agus Suparmanto didampingi Bupati Sleman Sri Purnomo, Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan Suhanto, serta Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Veri Anggrijono.

"Revitalisasi pasar rakyat merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mendorong percepatan pembangunan di daerah, khususnya di sektor perdagangan. Hal ini juga ditujukan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah serta meningkatkan daya saing pasar rakyat,`` ujar Mendag.

Mendag mengungkapkan, salah satu misi Presiden Joko Widodo adalah pembangunan yang merata dan berkeadilan. Untuk mendukung misi tersebut, Kementerian Perdagangan akan meneruskan program revitalisasi pasar rakyat.

Program pembangunan pasar rakyat dilakukan melalui dana alokasi khusus (DAK) dan anggaran tugas pembantuan. Selama 2015--2019 secara keseluruhan telah dibangun 5.264 unit pasar melalui lintas kementerian. Khusus Kementerian Perdagangan telah merevitalisasi sebanyak 4.949 pasar rakyat.

Pada 2019 Kementerian Perdagangan telah merevitalisasi sebanyak 1.034 pasar rakyat. Sedangkan pada 2020, Kementerian Perdagangan telah menetapkan pembangunan 143 unit pasar rakyat dari 140 kabupaten/kota melalui Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 54 Tahun 2020.

Tags : Virus Corona , Covid19 , Gugus Tugas , Kemendag

Berita Terkait