Lewat Virtual, Menteri ESDM Resmikan Proyek Ketenagalistrikan Nasional

| Kamis, 16/07/2020 15:57 WIB
Lewat Virtual, Menteri ESDM Resmikan Proyek Ketenagalistrikan Nasional Proyek Ketenagalistrikan Nasional (foto: setkabgoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif bersama Direktur Utama PT PLN (Persero) Zulkifli Zaini secara virtual meresmikan Proyek-Proyek Ketenagalistrikan Nasional mencakup peningkatan akses dan keandalan pasokan listrik dalam rangka menuju rasio elektrifikasi 100%.

Adapun Proyek-Proyek Ketenagalistrikan yang diresmikan terdiri dari Proyek Pembangkit listrik, Transmisi dan Gardu Induk PT PLN (Persero) serta komitmen pasokan listrik untuk industri smelter, Program CSR Kelistrikan Sinar Mas Group, dan Program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) 450 Volt Ampere (VA).

“Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral terus berkomitmen menyediakan pasokan energi yang cukup dan merata meskipun saat ini kita tengah berada pada masa adaptasi kebiasaan baru akibat pandemi virus Covid-19. Selain itu, juga mendorong badan usaha agar tetap menyediakan pasokan listrik yang cukup melalui pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan, sehingga aktivitas masyarakat yang bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah tidak terganggu,” ungkap Menteri ESDM Arifin Tasrif di Jakarta, Kamis 16 Juli 2020.

Arifin Tasrif mengatakan, proyek ketenagalistrikan Strategis PT PLN (Persero) Proyek infrastruktur PT PLN yang diresmikan mencakup pembangkit listrik, jaringan transmisi dan Gardu Induk.

“Hari ini kita bersama-sama akan menjadi saksi diresmikannya 10 pembangkit listrik dengan total kapasitas sebesar 555 Mega Watt (MW), 5 proyek jaringan transmisi hampir mencapai 280.000 kms dan 4 proyek gardu induk yang tersebar di seluruh Indonesia mencapai 330 MVA. Total investasi infrastruktur ketenagalistrikan, khususnya untuk 10 pembangkit listrik mencapai Rp15 Triliun dan dapat menyerap tenaga kerja sebanyak 4.038 orang,” ungkap Menteri Arifin.

Untuk diketahui, sepuluh proyek pembangkit yang diresmikan hari ini adalah: PLTP Muara Laboh (80 MW), PLTGU Muara Karang (300 MW), PLTMG Langgur (20 MW), PLTMG Seram (20 MW), PLTM Ambon Peaker (30 MW), PLTMG Biak (15 MW), PLTMG Biak 2- NCB PT Indonesia Power (10 MW), PLTMG Jayapura Peaker (40 MW), PLTMG Merauke (20 MW) dan PLTMG Merauke 2 – NCB 9 PT Indonesia Power (20 MW).

Tags : Proyek Ketenagalistrikan Nasional , PLN

Berita Terkait