Tinjau Luwu Utara, Doni Monardo Ingatkan Pentingnya Jaga Ekosistem Alam

| Sabtu, 18/07/2020 17:11 WIB
Tinjau Luwu Utara, Doni Monardo Ingatkan Pentingnya Jaga Ekosistem Alam Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Doni Monardo (foto: covid19goid)

LUWU UTARA, RADARBANGSA.COM - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo meninjau langsung lokasi banjir bandang di Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Jumat 17 Juli 2020 kemarin. 

Dalam kesempatan itu, Doni Monardo mengingatkan kepada jajaran Pemerintah Luwu Utara dan masyarakat tentang pentingnya menjaga keseimbangan ekosistem dalam mencegah terjadinya bencana.

“Kejadian ini (banjir bandang) merupakan evaluasi bagi kita untuk bersungguh-sungguh memperhatikan dan menata keseimbangan ekosistem,” kata Doni Monardo.

Doni menjelaskan bahwa dalam satu setengah sampai dua tahun terakhir, Sulawesi Selatan mengalami dua kali peristiwa banjir bandang. Kejadian pertama terjadi di Makassar yang merenggut korban hampir 100 orang. Hal ini terjadi akibat alih fungsi lahan di bagian selatan.

“Perubahan ekosistem dan alih fungsi lahan di bagian selatan. Yang semula kawasan hutan lindung berubah jadi kawasan pertanin semusim, khususnya tanaman jagung. Hal ini harus jadi perhatian dan meningkatkan kesadaran kolektif bahwa ketika jumlah penduduk semakin bertambah dan kebutuhan lahan pertanian semakin banyak, yang harus kita utamakan dan ingat adalah kita harus menjaga keseimbangan alam,” jelas Doni.

Doni menegaskan bahwa jangan sampai ekosistem alam terganggu karena masyarakat dan pemerintah daerah setempat tidak mengelolanya dengan tepat, “Jangan sampai alam terganggu karena kita mengelolanya tidak tepat,” tegasnya.

Tags : Banjir Bandang , Luwu Utara , Masamba

Berita Terkait