Indonesia-Swiss Jalin Kerja Sama Penanggulangan Bencana

| Selasa, 21/07/2020 19:00 WIB
Indonesia-Swiss Jalin Kerja Sama Penanggulangan Bencana Indonesia-Swiss jalin kerja sama penanggulangan bencana yang dilakukan di Graha BNPB, Jakarta, Selasa (21/7). (Foto: kemlugoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Indonesia dan Swiss sepakat meningkatkan kerja sama penanggulangan bencana dengan menandatangani Nota Kesepahaman Kerja Sama Penanggulangan Bencana antara BNPB dan Swiss Development Cooperation, Selasa, 21 Juli 2020. Penandatanganan kerja sama tersebut di lakukan di Graha BNPB oleh Kepala BNPB Doni Monardo dan Duta Besar Swiss untuk Indonesia, Kurt Kuntz.

Kesepakatan ini merupakan hasil dari diplomasi penanggulangan bencana Kementerian Luar Negeri RI melalui fasilitasi dan serangkaian negosiasi dengan Kementerian Luar Negeri Swiss.

Melalui kesepakatan ini, kedua pihak akan melakukan dialog tahunan yang membahas pengembangan dan potensi kerja sama penanggulangan bencana, termasuk dukungan pendanaan dari pemerintah Swiss dan keterlibatan perusahaan Swiss di Indonesia seperti Roche dalam memberikan pelatihan dan transfer teknologi.

Nota Kesepahaman ini semakin melengkapi berbagai kerja sama bilateral Indonesia-Swiss lainnya seperti perjanjian perdagangan bebas Indonesia-EFTA CEPA dan kerja sama bantuan hukum timbal balik dalam bidang pidana (MLA).

Tags : Indonesia , Swiss , BNPB , Penanggulangan Bencana