Tanggulangi Dampak COVID-19, `Kemendag Peduli` Salurkan Bantuan di Sumatera Selatan

| Rabu, 29/07/2020 19:35 WIB
Tanggulangi Dampak COVID-19, `Kemendag Peduli` Salurkan Bantuan di Sumatera Selatan Kemendag Peduli salurkan bantuan tanggulangi dampak COVID-19 di Sumatera Selatan, Selasa (28/7). (Foto: twitter @kemendag)

PALEMBANG, RADARBANGSA.COM - Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyalurkan bantuan alat kesehatan dan donasi sebagai upaya menanggulangi dampak COVID-19 melalui program “Kemendag Peduli”. Partisipasi aktif Kemendag ini merupakan bentuk kepedulian terhadap masyarakat yang terkena dampak COVID-19.

Bantuan alat kesehatan dan donasi ini diserahkan Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PKTN) Veri Anggriono ke Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) disaksikan Inspektur Jenderal Srie Agustina. Bantuan sosial tersebut diterima langsung oleh Gubernur Sumsel Herman Daru, di Griya Agung Palembang, Selasa, 29 Juli 2020. Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Sumsel Iwan Gunawan dan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Irwansyah.

Bantuan dan donasi yang disalurkan yaitu berupa baju 1.500 alat pelindung diri (APD), 10.000 masker medis, 3.000 sarung tangan karet, 150 tameng wajah (face shield), 130 kotak suplemen, 5.000 buah sabun antiseptik. Selain itu, 2.004 liter minyak goreng, 390 paket sembako, uang tunai sebesar Rp200 juta.

“Penyaluran bantuan ini dilakukan untuk meringankan beban masyarakat yang terkena dampak dari penyebaran COVID-19,” jelas Srie.

Dijelaskan Srie, sebelumnya bantuan dan donasi “Kemendag Peduli” telah disalurkan di sejumlah daerah yang masuk dalam zona merah pandemi COVID-19, antara lain DKI Jakarta, Bandung (Jawa Barat), Semarang (Jawa Tengah), Surabaya (Jawa Timur), Serang dan Tangerang Selatan (Banten), serta Daerah Istimewa Yogyakarta.

“Kemendag Peduli” merupakan satuan tugas yang dibentuk Kementerian Perdagangan untuk mengoordinasikan penitipan donasi dari pegawai, masyarakat, dan pelaku usaha untuk disalurkan kepada pihak-pihak yang membutuhkan, baik dalam bentuk obat-obatan, alat kesehatan, bantuan pangan, maupun donasi uang tunai.

Sementara itu, Herman Daru menyampaikan bahwa bantuan yang diterima dari Kementerian Perdagangan ini akan segera didistribusikan kepada masyarakat yang membutuhkan yang terimbas wabah COVID-19. Bantuan ini diharapkan dapat menunjang penanganan dampak pandemi tersebut.

“Bantuan Kemendag Peduli akan sangat membantu masyarakat di Sumatera Selatan dalam menerapkan adaptasi kebiasaan baru. Bantuan ini juga akan bermanfaat bagi Gugus Tugas Lawan COVID-19 di Sumatera Selatan yang terdiri atas para tenaga medis dan kesehatan yang berada di garda terdepan. Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan berterima kasih dan mengapresiasi bantuan yang diberikan Kementerian Perdagangan,” ujarnya.

Tags : Kementerian Perdagangan , Kemendag Peduli , Sumatera Selatan , COVID-19

Berita Terkait