Satgas Penanganan Covid-19 Minta Pemda Tingkatkan Jumlah Labiratorium

| Kamis, 06/08/2020 17:00 WIB
Satgas Penanganan Covid-19 Minta Pemda Tingkatkan Jumlah Labiratorium Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Doni Monardo (foto: covid19goid)

BANDUNG, RADARBANGSA.COM - Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanangan COVID-19, Doni Monardo meminta pemerintah daerah agar meningkatkan jumlah dan kapasitas tenaga medis dan laboratorium, mengingat adanya keterbatasan tenaga pada setiap hari libur, sehingga proses uji spesimen terhambat dan tidak optimal.

"Petugas lab-nya yang perlu kita tingkatkan kualitasnya termasuk dukungan operasional dan dukungan logistik untuk mereka agar bisa optimal,” kata Doni Monardo di Bandung, Kamis 6 Agustus 2020.

Selain itu, Doni juga meminta agar pemerintah daerah lebih memperhatikan dan memberikan kebutuhan para tenaga medis dan laboratorium agar penanganan COVID-19 dapat lebih maksimal.

“Sehingga para petugas medis kita bisa bekerja lebih baik dan mereka harus terjamin juga keselamatan dan keamanannya. Karena melakukan pemeriksaan spesimen di laboratorium memiliki risiko yang sangat besar,” imbuh Doni.

Lebih lanjut, Doni mengingatkan agar pemeriksaan kesehatan lebih rutin digalakkan, terutama bagi instansi atau lembaga yang memilki banyak pegawai atau anggota dalam satu tempat. Sehingga ke depannya penularan COVID-19 dapat dicegah dan tidak menular ke masyarakat.

“Kalau ini tidak dilakukan langkah-langkah proaktif, maka masyarakat sekitarnya menjadi berisiko,” kata Doni.

Tags : Virus Corona , Covid19 , Gugus Tugas

Berita Terkait