Wapres: Inovasi Jadi Arus Utama Tingkatkan Kemandirian Bangsa

| Senin, 10/08/2020 18:26 WIB
Wapres: Inovasi Jadi Arus Utama Tingkatkan Kemandirian Bangsa KH Maruf Amin (Wakil Presiden RI). (Foto: twitter @Kiyai_MarufAmin)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Wakil Presiden (Wapres), KH Maruf Amin menghadiri peluncuran Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (HAKTEKNAS) ke-25 secara virtual, Senin 10 Agustus 2020.

Dalam kesempatan itu, Wapres KH Ma’ruf Amin berpesan agar inovasi menjadi arus utama dalam meningkatkan kemandirian bangsa.
“Litbangjirap (penelitian, pengembangan, pengkajian, dan penerapan) hendaknya menjadi arus utama dalam meningkatkan kemandirian bangsa,” pesan Wapres KH Ma’ruf Amin.

Ma’ruf Amin mencontohkan, masyarakat Indonesia bisa membeli dan bangga produk Indonesia, khususnya yang berasal dari inovasi.

“Litbangjirap menjadi komponen utama perhitungan TKDN, inovasi dan kreativitas masuk dalam perhitungan TKDN,“ tambahnya.

Menurutnya, kunci penting kesuksesan adalah terus meningkatkan dan mengintensifkan kolaborasi lembaga litbangjirap. Peningkatan kolaborasi antar lembaga litbang pemerintah pusat, pemerintah daerah, litbang swasta – industri, dan litbang masyarakat lainnya.

“Khususnya untuk kerjasama peneliti (dosen/mahasiswa) di perguruan tinggi dengan lembaga litbang Kementerian/Lembaga. Koordinasi RISTEK/BRIN yang selama ini mulai berjalan baik dan memperlihatkan hasil harus terus ditingkatkan,” katanya.

Tags : Inovasi , Indonesia , Kemandirian Bangsa

Berita Terkait