BLK Lembang Komitmen Latih SDM Wirausahawan

| Selasa, 18/08/2020 21:47 WIB
BLK Lembang Komitmen Latih SDM Wirausahawan Dialog Vocational Training Radio Talkshow di BLK Lembang (foto: kemnakergoid)
JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) melalui Balai Latihan Kerja (BLK) Lembang terus berkomitmen untuk menciptakan tumbuhnya wirausahawan di masa adaptasi kebiasaan baru melalui pelatihan vokasi, khususnya bidang pertanian.
 
Menurut Kepala BLK Lembang Tuti Haryanti, lahirnya wirusahawan baru diyakini akan mampu kembali menggerakkan roda perekonomian dan akan berdampak pada kesejahteraan alumni BLK Lembang.
 
"BLK Lembang 90 persen komitmen untuk mencetak wirausaha dan saat ini kami terus sinergi dengan industri-industri (buyers) dengan memberikan standar pelatihan sesuai kebutuhan buyers. Sehingga alumni BLK kalau sudah produksi, otomatis nanti buyers yang "ambil" hasil produksinya," kata Tuti Haryanti dalam dialog Vocational Training Radio Talkshow di BLK Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Selasa 18 Agustus 2020.
 
Tuti Haryanti menegaskan, untuk melahirkan wirausahawan, BLK Lembang memiliki beberapa program pelatihan unggulan. Yakni pelatihan pertanian, pelatihan perikanan, pelatihan peternakan, pelatihan processing, dan pelatihan mekanisasi pertanian.
 
"Di tengah pandemi seperti ini, sektor pertanian mampu bertahan untuk menopang ekonomi karena sektor usaha pertanian ini berkaitan langsung dengan kebutuhan masyarakat sehari hari, " ujarnya.
 
Tuti Haryanti mengaku saat bulan pertama masa Covid-19, komitmen untuk melahirkan wirausaha sedikit terganggu. Namun seiring berjalannya waktu, pihaknya langsung memberikan pelatihan tanggap Covid-19 dengan membuka 25 paket khusus pelatihan kuliner kepada pekerja hotel yang dirumahkan akibat Covid-19.
Tags : Kemnaker , Menteri Ida Fauziyah