Di Tengah Pandemi, Kepala Madrasah Dituntut Inovatif, Kreatif dan Adaftif

| Rabu, 26/08/2020 17:28 WIB
Di Tengah Pandemi, Kepala Madrasah Dituntut Inovatif, Kreatif dan Adaftif Menteri Agama Fachrul Razi (foto: kemenag)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Agama Fachrul Razi mengatakan, dalam situasi pandemik saat ini, kepala madrasah dituntut untuk inovatif, kreatif, dan adaptif dalam pelaksanaan pembelajaran di madrasahya.

"Dalam melaksanakan pembelajaran pada situasi pandemi ini, kepala madrasah harus memiliki cara-cara yang inovatif, kreatif, dan adaptif dengan tetap mengedepankan prioritas kesehatan para siswa dan guru," ujar Menag Fachrul Razi dalam keterangan pers kemenaggoid, Rabu 26 Agustus 2020. 

Menurut Menag, pemanfaatan teknologi informasi pendidikan akan sangat membantu pembelajaran bagi para siswa secara daring, namun diperlukan komunikasi yang baik antara madrasah dan orang tua siswa di rumah.

Dikatakan Menag, menghadapi tantangan situasi dan kondisi, kepala madrasah sekurang-kurangnya harus mampu berfungsi sebagai edukator, manajer, administrator, supervisor, leader, innovator, dan motivator.

"Dalam melaksanakan fungsinya sebagai edukator (pendidik), kepala madrasah harus memiliki strategi yang tepat untuk meningkatkan profesionalisme tenaga kependidikan di madrasah," ungkapnya.

Selain itu, lanjut Menag, kepala madrasah harus mampu menciptakan iklim madrasah yang kondusif, memberikan nasehat kepada warga madrasah, memberikan dorongan kepada seluruh tenaga kependidikan, dan melaksanakan model pembelajaran yang menarik dan relevan dengan tujuan pembelajaran.

Tags : Kemenag , Kepala Madrasah