Wapres Maruf Amin Minta BUMD Dukung Upaya Pemerintah Atasi Pandemi COVID-19

| Kamis, 27/08/2020 21:05 WIB
Wapres Maruf Amin Minta BUMD Dukung Upaya Pemerintah Atasi Pandemi COVID-19 KH Maruf Amin (Wakil Presiden RI). (Foto: twitter @Kiyai_MarufAmin)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Wakil Presiden KH Ma`ruf Amin meminta seluruh badan usaha milik daerah (BUMD) mendukung upaya dan kebijakan pemerintah pusat dalam menangani pandemi COVID-19, khususnya pada program pemulihan ekonomi nasional.

"Peran BUMD di masa sulit ini diperlukan untuk mendukung program dan kebijakan pemerintah, terutama program-program pemulihan ekonomi nasional," kata Kiai Ma`ruf saat menyampaikan sambutan pada acara penyerahan penghargaan TOP BUMD Awards Tahun 2020 melalui telekonferensi dari Jakarta, Kamis, 27 Agustus 2020.

Kondisi pandemi COVID-19, lanjut Kiai Ma`ruf, menjadi tantangan berat bagi pemerintah, sehingga berbagai kebijakan baru harus ditempuh untuk mengatasi dampak pandemi tersebut. "Untuk mengatasi masalah yang muncul akibat pandemi, pemerintah mengalokasikan anggaran
hingga Rp695,2 triliun, baik untuk penanganan di sektor kesehatan maupun ekonomi," tuturnya.

Pemerintah, jelas Kiai Ma`ruf, juga membentuk Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional untuk meningkatkan koordinasi dan pelaksanaan kebijakan dalam menangani pandemi COVID-19. Ia juga secara khusus meminta seluruh kepala daerah membina dan mengarahkan BUMD-BUMD di wilayahnya untuk meningkatkan kinerja dan layanannya, sebagai upaya pemerataan pembangunan di daerah.

"Para kepala daerah harus terus membina, mengarahkan, dan memfasilitasi BUMD agar terus berkembang serta mampu meningkatkan kinerja dan layanannya untuk membangun daerah," ujarnya.

Sinergi antara BUMD dengan BUMN, pemerintah, dan pemerintah daerah juga harus ditingkatkan sehingga pembangunan nasional, khususnya upaya memulihkan ekonomi nasional saat ini dapat segera terwujud.

"Pendirian BUMD bertujuan antara lain memberikan manfaat bagi perkembangan perekonomian daerah sesuai dengan potensinya dan memperoleh keuntungan. Untuk mencapai tujuan tersebut, BUMD perlu terus melakukan inovasi guna mengembangkan kinerja bisnisnya," imbuhnya.

Tags : Wapres , Maruf Amin , BUMD , COVID-19 , Indonesia