Irmawan Minta Pemerintah Prioritaskan Pembangunan Pengendalian Banjir di Aceh Tahun Depan

| Kamis, 10/09/2020 21:04 WIB
Irmawan Minta Pemerintah Prioritaskan Pembangunan Pengendalian Banjir di Aceh Tahun Depan Wakil Bupati Pidie Jaya, Said Mulyadi menjelaskan penanganan sementara banjir kepada Irmawan (tengah) di Pidie, Aceh. (Foto: istimewa)

BANDA ACEH, RADARBANGSA.COM - Anggota Komisi V DPR RI H Irmawan meminta pada Dirjen Sumber Daya Air (SDA) untuk memasukkan kegiatan pengendalian banjir Daerah Aliras Sungai (DAS) Krueng Mereudu, Kabupaten Pidie Jaya ke dalam program prioritas tahun anggaran 2021. Hal itu untuk mengurangi intensitas banjir di Aceh terutama Pidie Jaya.

Usulan tersebut disampaikan politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi V dengan Dirjen Sumber Daya Air, Dirjen Perumahan dan Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa, 8 September 2020. Sebelumnya, saat kunjungan reses lalu Irmawan telah meninjau titik banjir di desa Meunasah Dayah Usen.

"Kami melihat fakta memprihatikan, disatu sisi terjadi pendangkalan disisi lain terjadi erosi. Bahkan ketika hujan deras mengalir dan air gunung turun kelaut berbarengan dengan air pasang, maka pemukimam warga menjadi banjir," ujar Ketua DPW PKB Aceh ini.

Irmawan mengungkapkan, bukan hanya tiap tahun langganan banjir di wilayah tersebut tapi setiap saat ketika hujan turun. Bahkan, lanjutnya, masyarakat di 12 desa di Kecamatan Meuredu dan Meurah Dua harus berlebaran dalam suasana banjir.

Diketahui, kegiatan pembangunan pengendalian banjir dan penguatan tebing sungai kreung Meureudu saat ini telah masuk menjadi usulan program baseline untuk dialokasikan pada TA 2021. Usai rapat, Irmawan kemudian menyerahkan seluruh dokumen DED dan kajian amdal yang telah disusun oleh pemkab Pidie Jaya kepada Dirjen SDA dan minta wajib dilaksanakan di tahun 2021.

Tags : Aceh , Irmawan , Pengendalian Banjir , Dirjen SDA

Berita Terkait