Fokus Turunkan Angka Kemiskinan, Ratna Juwita Usul Pemerintah Optimalkan Dana Desa

| Jum'at, 11/09/2020 18:35 WIB
Fokus Turunkan Angka Kemiskinan, Ratna Juwita Usul Pemerintah Optimalkan Dana Desa Ratna Juwita Sari (Anggota DPR RI Fraksi PKB). (Foto: istimewa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Anggota DPR RI Ratna Juwita Sari mengatakan pemerintah telah berhasil menurunkan angka kemiskinan di Indonesia sekitar 6,56 persen tahun 2019. Namun, angka kemiskinan di kawasan perdesaan masih tinggi, yakni sebesar 12,60 persen.

Menurutnya, upaya pemerintah untuk menurunkan angka kemiskinan di desa adalah dengan mengoptimalkan dana desa. Hal itu bisa dilihat di mana desa-desa mulai berkembang dan mampu menekan angka kemiskinan.

“Kita patut bersyukur sudah ada UU Desa nomor 6 tahun 2014, yang saya yakin bila UU ini sudah ada di tahun 70-an tentu infrastruktur desa lebih baik dari yang ada hari ini. Sebab, dari data BPS angka kemiskinan dalam 5 tahun ini bisa ditekan karena ada dana desa,” kata Ratna dalam keterangannya, Kamis, 10 September 2020.

Untuk itu, Legislator Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini meminta agar alokasi dana desa 2021 harus ditingkatkan. Ia juga mengusulkan agar pemerintah menyempurnakan formula pemberdayaan dana desa.

"Penyempurnaan formula yang saya maksud adalah porsi dan metode perhitungan yang menunjang kinerja perangkat desa, termasuk meningkatkan produktifitas dan mendorong tranformasi agar desa menjadi desa yang produktif baik di bidang pangan, pariwisata dan lain sebagainya," tuturnya.

Tags : DPR RI , Dana Desa , Kemiskinan , PKB